Smartphone Nokia 7 RESMI Lahir: 8-core, RAM 6 GB, 16 MP ZEISS dan…

Nokia melalui HMD Global kembali meluncurkan smartphone terbarunya. Kali ini, bukan smartphone premium, melainkan smartphone kelas menengah yang bernama Nokia 7. Nah, bagaimana desain dan spesifikasinya? Kita cari tahu bersama.

Nokia 7 – Desain dan spesifikasi

Secara umum, tampilannya tidak berbeda jauh dengan empat smartphone Android Nokia yang telah lebih dahulu meluncur. Baik sisi depan maupun belakangnya dilapisi Gorilla Glass 3. Sementara itu, bingkainya terbuat dari aluminium. Yang membuatnya terlihat sedikit berbeda adalah posisi pemindai sidik jari. Pada Nokia 5, Nokia 6, dan Nokia 8, fitur tersebut terletak di sebelah bawah layar. Nah, pada Nokia 7, fitur ini diletakkan di sisi belakang.

Nokia 7 sendiri hadir dengan layar IPS LCD 5,2 inci beresolusi 1080 x 1920 piksel (Full HD). Performanya ditunjang oleh chipset Snapdragon 630 octa-core 2,2 GHz. Sejak chipset ini diperkenalkan oleh Qualcomm pada Mei 2017, baru ada beberapa smartphone yang diperkuatnya, termasuk Motorola Moto X4 dan Sharp Aquos S2. Lebih lanjut, Nokia 7 tersedia dalam dua varian RAM yaitu 4 GB dan 6 GB. Tiap varian memiliki memori internal 64 GB yang masih dapat ditambah dengan kartu microSD.

Smartphone Nokia 7 RESMI Lahir

Beralih ke sektor fotografi. Pada sisi belakang, terdapat kamera utama 16 MP dengan lensa Zeiss, diafragma f/1.8, serta dua LED flash. Sementara itu, untuk berfoto selfie, terdapat kamera depan 5 MP dengan diafragma f/2.0 dan lebar sudut 84 derajat. Seperti Nokia 8, Nokia 7 juga memungkinkan kita untuk menjalankan kedua kameranya secara sekaligus berkat Dual Side mode. Tak hanya itu, Nokia 7 juga dapat merekam suara surround yang impresif berkat teknologi OZO. Lebih lanjjut, sistem operasi yang dijalankannya Android 7.1 Nougat dan dapat diperbaharui ke Android 8 Oreo nanti. Sebagai sumber energinya adalah baterai 3000 mAh.

Nokia 7 – Harga dan ketersediaan

Ada dua pilihan warna yang tersedia yaitu Black dan White. Nah, Nokia 7 adalah solusi untuk kalian yang merasa Nokia 8 agak mahal serta Nokia 6 yang memiliki performa kurang tangguh. Sejauh ini, Nokia 7 baru dapat dipesan di China mulai 24 Oktober 2017 dengan harga sekitar $377 (Rp 5 juta) untuk varian RAM 4 GB dan $407 (Rp 5,45 juta) untuk varian RAM 6 GB. Semoga Nokia 7 juga akan dipasarkan ke negara lainnya dalam waktu dekat ini, termasuk Indonesia. Kita nantikan saja.