Samsung Galaxy S9 & Galaxy S9+ RESMI Lahir: RAM 6 GB, SND 845, ROM 256 GB …..

Dua smartphone Samsung yang lama dinantikan akhirnya resmi meluncur di MWC 2018. Ya, Galaxy S9 dan Galaxy S9+ kini resmi lahir menyapa penggemarnya. Nah, apa saja pembaharuan yang dibawanya dibandingkan pendahulunya?

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ – Spesifikasi

Keduanya masih membawa desain yang sama seperti pendahulunya yaitu desain Infinity Display. Dimensi dan resolusi layarnya pun sama. Galaxy S9 hadir dengan layar 5,8 inci, sedangkan Galaxy S9+ berlayar 6,2 inci. Kedua layarnya berjenis Super AMOLED dengan resolusi Quad HD+ dan lapisan Gorilla Glass 5 di atasnya. Di sebelah atasnya, selain pemindai iris mata, terdapat pula kamera 8 MP berdiafragma f/2.4 yang dipinjam langsung dari duo Galaxy S8.

Perubahan mendasar ada pada sisi belakangnya. Tidak seperti duo Galaxy S8, posisi pemindai sidik jarinya kini dipindahkan ke sebelah bawah kamera. Pada Galaxy S8, kita dapat jumpai kamera 12 MP, sedangkan Galaxy S9+ memiliki dua kamera, terdiri dari kamera utama 12 MP dan kamera telephoto 12 MP. Ya, Galaxy S9+ menjadi anggota pertama keluarga Galaxy S yang hadir dengan kamera ganda. Perlu diketahui bahwa kamera belakang Galaxy S9 dan kamera utama Galaxy S9+ memiliki diafragma yang dapat berubah berdasarkan kondisi cahaya. Pada kondisi terang, kamera tersebut berdiafragma f/2.4 dan berubah menjadi f/1.5 di tempat redup. Selain itu, kamera belakangnya juga mampu merekam video slow motion dengan 960 gambar per detik, mirip seperti yang dimiliki Xperia XZ1.

Dari sektor performa, keduanya diperkuat chipset Snapdragon 845 atau Exynos 9810 (tergantung kawasan pemasaran). Pada Galaxy S9, chipset tersebut dipadukan dengan RAM 4 GB, sedangkan Galaxy S9+ dibekali RAM 6 GB. Lebih lanjut, keduanya juga menawarkan tiga pilihan memori internal, 64/128/256 GB, yang masih dapat ditambah melalui kartu microSD. Sekali lagi, tidak semua negara mendapatkan ketiga varian tersebut. Keduanya kini langsung menjalankan Android Oreo. Keduanya juga bersertifikasi IP68, membuatnya kedap air dan debu. Sayangnya, keduanya masih dibekali baterai dengan kapasitas yang sama seperti pendahulunya: 3000 mAh (S9) vs 3500 mAh (S9+).

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9+ – Monster premium yang sesungguhnya

Dari spesifikasi utama di atas, sektor performa dan kamera pada duo Galaxy S9 paling mendapat pembaharuan dari duo Galaxy S8. Keduanya dipastikan akan tersedia di tanah air dalam waktu dekat ini. Harganya juga telah dibocorkan. Galaxy S9 dijual dengan harga Rp 11,5 juta, Rp 1 juta lebih mahal dari Galaxy S8 ketika pertama kali mendarat di tanah air. Sementara itu, harga Galaxy S9+ adalah Rp 13 juta (ROM 64 GB dan Rp 14,5 juta (ROM 256 GB). Apakah kalian berminat untuk menggnati smartphone kalian saat ini dengan duo Galaxy S9 nanti?