Samsung Galaxy S9 Dan S9 Plus: Snapdragon 845 + Kamera Ganda

Setelah sukses meluncurkan duo Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus, Samsung kini dikabarkan mulai mengembangkan penerusnya. Spesifikkasinya tentu akan lebih baik.

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus – Informasi awal

Ya, si raksasa asal Korea Selatan tersebut kini mulai mengembangkan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus. Seperti diketahui, selama proses pengembangan, Galaxy S8 diberi kode Project Dream. Nah, kode duo penerusnya pun telah diketahui. Galaxy S9 diberi kode Star, sedangkan Galaxy S9 Plus diketahui sebagai Star 2. Nah, karena masih dalam proses pengembangan, belum banyak informasi terkait spesifikasinya yang dapat kita ketahui.

Namun, informasi awal terkait keduanya mulai terkuak. Diketahui bahwa Galaxy S9 dan S9 Plus akan tetap mengusung konsep Infinity Display. Bila hal ini benar, maka keduanya akan hadir dengan layar lengkung yang diapit bezel super tipis di sisi atas dan bawah. Dirumorkan bahwa layar Galaxy S9 akan berukuran 5,8 inci, sedangkan saudaranya berlayar 6,2 inci. Resolusinya juga kurang lebih sama yaitu 1440 x 2960 piksel. Terkait performa, kemungkinan besar keduanya akan diperkuat chipset Snapdragon 845. Belum lama ini, Samsung dan Qualcomm dilaporkan sudah memulai pengembangan penerus chipset Snapdragon 835 tersebut.

Lebih lanjut, tiap smartphone akan tersedia dalam varian RAM 4 GB dan 6 GB. Memori internalnya juga tersedia dalam beberapa pilihan dengan yang terbesar mencapai 256 GB. Nah, hal baru yang akan dijumpai pada anggota keluarga Galaxy S di tahun depan adalah kehadiran kamera ganda pada sisi belakangnya. Tampaknya Samsung cukup telat untuk bertarung di segmen smartphone premium berkamera ganda. Menariknya, posisi pemindai sidik jari kabarnya akan dikembalikan ke sisi depan. Hal ini tampaknya menjadi respon Samsung atas keluhan konsumen terkait posisi fitur tersebut pada duo Galaxy S8.

Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus – Waktu peluncuran

Masih banyak informasi terkait Galaxy S9 dan S9 Plus yang belum diketahui. Menrut informasi, proses pengembangannya dimulai tiga atau empat bulan lebih awal dari jadwal untuk menghindari insiden serupa yang dialami Galaxy Note 7. Dengan demikian, proses produksinya pun akan sedikit lebih awal. Seperti pendahulunya, baik Galaxy S9 dan S9 Plus tentunya akan diperkenalkan pada semester pertama tahun depan. Masih banyak waktu untuk Samsung mempersiapkan diri dengan baik.