Samsung Galaxy S8 Mini Terkuak: RAM 4 GB + Snapddragon 821

Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus adalah dua senjata andalan terbaru termutakhir milik Samsung tahun ini. Nah, tiga bulan setelah peluncuran keduanya, beredar kabar bahwa Samsung sedang mempersiapkan Galaxy S8 Mini. WOW!

Samsung Galaxy S8 Mini – Perkiraan spesifikasi

Para pecinta smartphone premium Samsung tentu mengetahui bahwa pada tahun ini kita telah menjadi saksi kelahiran generasi kedelapan dari keluarga Galaxy S series. Nah, sejauh ini, baru ada tiga generasi di mana anggotanya memiliki kata “Mini” pada namanya, yaitu Galaxy S3 Mini (2012), Galaxy S4 Mini (2013), dan Galaxy S5 Mini (2014). Hal ini berarti varian “Mini” absen dari Galaxy S6 dan S7. Sebagai penggantinya, Samsung justru menghadirkan varian dengan layar yang lebih besar.

Bila kalian rindu dengan varian “Mini”, kemungkinan kita akan melihat Galaxy S8 Mini pada tahun ini. Smartphone tersebut kabarnya tetap mengusung konsep “Infinity Display”. Layarnya akan berukuran 5,3 inci. Namun, menggenggam Galaxy S8 Mini akan seperti menggenggam smartphone berlayar 4,7 inci karena rasio layar ke bodinya adalah 18,5 : 9. Wow!! Bila menjadi kenyataan, maka akan menjadi pesaing Apple iPhone 7. Ada rumor yang menyebutkan bahwa, selain menyerbu segmen smartphone berlayar besar, Samsung mempersiapkan Galaxy S8 Mini untuk meramaikan segmen smartphone berlayar kecil. Selain itu, kemungkinan besar pemindai sidik jari akan diletakkan di sisi belakang.

Terkait performa, chipset Snapdragon 821 quad-core 2,35 GHz kabarnya akan menjadi jantung Galaxy S8 Mini. Chipset tersebut akan dipadukan dengan RAM 4 GB. Ya, meskipun tidak setangguh Snapdragon 835 yang digunakan dua saudaranya, namun chipset tersebut masih cukup impresif. Lebih lanjut, memori internalnya akan berkapasitas 32 GB. Untuk fotografi, Galaxy S8 Mini akan tetap menggunakan kamera 12 MP berteknologi dual-pixel. Pada sisi depannya, akan terdapat pemindai iris mata. Masih belum ada informasi terkait kapasitas baterai dan ketahana terhadap air dan debu.

Samsung Galaxy S8 Mini – Kecil tapi tangguh

Dari informasi awal di atas, kita sudah dapat menilai bahwa Samsung Galaxy S8 Mini akan menjadi calon smartphone kecil dengan performa tangguh dan akan mengancam Apple iPhone SE, Apple iPhone 7, dan Sony Xperia X Compact. Menurut kabar, smartphone tersebut akan meluncur di Korea Selatan terlebih dahulu pada waktu yang belum ditentukan sebelum menyusul ke negara lainnya. Harganya tentu akan lebih murah dari Galaxy S8, sekitar $600 – $700. Kita nantikan saja.