Samsung Galaxy S7 Edge vs Sony Xperia XZs: ROM 128 GB + Kamera 19 MP

Pada artikel ini, kami ingin membandingkan dua smartphone yang pasti menjadi favorit sebagian di antara kita yang gemar fotografi. Kedua smartphone itu adalah Samsung Galaxy S7 Edge dan Sony Xperia XZs.

Samsung Galaxy S7 Edge vs Sony Xperia XZs – Spesifikasi

Seperti diketahui, Galaxy S7 Edge diperkenalkan pada Februari 2016, sedangkan Xperia XZs baru hadir pada Februari 2017. Meski sudah berusia satu tahun, smartphone Samsung tersebut masih tetap menjadi primadona banyak orang. Nah, mari kita perhatikan persamaan keduanya lebih dahulu. Performa Galaxy S7 Edge dan Xperia XZs cukup berimbang karena sama-sama diperkuat chipset Snapdragon 820 quad-core 2,15 GHz yang dipadukan dengan GPU Adreno 530 dan RAM 4 GB.

Tak hanya itu, kedua smartphone ini juga kedap air dan debu karena bersertifikasi IP68. Dalam hal aspek keamanan, keduanya juga dilengkapi pemindai sidik jari yang terletak pada posisi berbeda: tombol home fisik (Samsung) vs tombol daya (Sony). Saat meluncur tahun lalu, Galaxy S7 Edge menjalankan Android 6 Marshmallow. Namun, kini smartphone tersebut sudah menjalankan Android 7 Nougat, begitu pula dengan Xperia XZs. Nah, keduanya juga memiliki slot microSD card untuk menambah kapasitas memori internalnya. Dengan bayaknya persamaan, tak mengherankan bila keduanya bersaing ketat di pasar.

Nah, mari kita lihat apa yang menjadi keunggulan Galaxy S7 Edge. Desainnya lebih terlihat menawan karena baik sisi belakang maupun depannya melengkung. Selain itu, layarnya berjenis Super AMOLED dengan ukuran 5,5 inci dan resolusi Quad HD, jauh lebih baik dari layar pesaingnya yang berjenis IPS LCD dengan ukuran 5,2 inci dan resolusi Full HD. Dalam hal sumber energi, Galaxy S7 Edge tersedia dalam tiga pilihan memori internal, 32/64/128 GB. Sementara itu, Xperia XZs hadir dengan ROM 32 GB dan 64 GB. Dalam hal sumber energi, baterai Galaxy S7 Edge juga lebih besar dari Xperia XZs: 3600 mAh vs 2900 mAh.

Dari sektor fotografi, kamera Xperia XZs tak boleh diremehkan. Seperti diketahui, kamera utamanya beresolusi 19 MP dan mampu merekam video slow motion dengan 960 gambar per detik, sedangkan kamera depannya 13 MP. Sementara itu, Galaxy S7 Edge hadir dengan kamera utama 12 MP (f/1.7) dan kamera depan 5 MP (f/1.7). Satu hal lagi, dengan dimensi yang sedikit lebih kecil, tentunya Xperia XZs lebih nyaman digenggam.

Samsung Galaxy S7 Edge vs Sony Xperia XZs – Pilihan kalian?

Samsung Galaxy S7 Edge vs Sony Xperia XZs

Sony Xperia XZs dijual dengan harga sekitar $650 (Rp 8,75 juta) di luar negeri. Sebagai informasi, harga Samsung Galaxy S7 Edge di Indonesia berkisar Rp 9,5 juta untuk varian ROM 32 GB dan Rp 10,5 juta untuk varian ROM 128 GB. Setelah melihat perbandingan harga dan spesifikasi di atas, menurut kami Galaxy S7 Edge lebih cocok untuk kalian yang mencari smartphone dengan memori internal, baterai, serta layar yang lebih besar. Sementara itu, bila kalian lebih berfokus pada sektor fotografi, Sony Xperia XZs adalah pilihan yang tepat. Nah, mana smartphone yang lebih kalian sukai?