Samsung Galaxy Note 9 RESMI Lahir: RAM 8 GB, ROM 512 GB, 4000 mAh …

Penantian kita akhirnya berakhir. Seperti yang telah dijanjikan, Samsung resmi meluncurkan Galaxy Note 9 pada 9 Agustus 2018 di New York. Berbagai rumornya memang sudah beredar sejak dua bulan belakangan ini. Nah, bagaimana desain dan spesifikasinya?

Samsung Galaxy Note 9 – Desain dan spesifikasi

Tidak ada perubahan drastis dari desain Samsung Galaxy Note 9. Seperti Galaxy Note 8, smartphone ini tetap mengusung desain Infinity Display. Nah, seperti yang telah dirumorkan, ukuran layarnya lebih besar dari pendahulunya yaitu 6,4 inci. Meski demikian, jenis serta resolusi layarnya masih tetap sama yaitu Super AMOLED dan Quad HD+. Di sebelah atas layarnya, ada earpiece, pemindai iris mata, kamera 8 MP, dan sensor-sensor lainnya. Beralih ke sisi belakang, Galaxy Note 9 masih mengadopsi kamera ganda dengan susunan vertikal seperti Galaxy Note 8. Seperti yang sudah diduga, kamera ganda tersebut meminjam Galaxy S9+, terdiri dari kamera utama 12 MP dengan pengaturan dua ukuran diafragma (f/1.5 dan f/2.4) serta kamera telefoto 12 MP.

Perbedaan mencolok ada pada pemindai sidik jari yang kini diletakkan di sebelah bawah kamera seperti Galaxy S9 dan Galaxy S9+. Terkait performa, seperti yang kalian telah ketahui, mayoritas negara di dunia mendapat unit yang diperkuat chipset Exynos 9810. Sementara itu, hanya beberapa negara yang mendapat unit yang diperkuat chipset Snapdragon 845. Lebih lanjut, Galaxy Note 9 ternyata hanya tersedia dalam dua varian. Varian pertama memiliki RAM 6 GB dan memori internal 128 GB, sedangkan varian kedua memiliki RAM 8 GB dan memori internal 512 GB. Tersedia slot kartu microSD untuk menambah kapasitas media penyimpanannya.

Hal menarik lainnya adalah Galaxy Note 9 ditenagai baterai 4000 mAh, terbesar dalam sejarah smartphone papan atas Samsung. Tak hanya itu, Galaxy Note 9 kini dilengkapi stylus pen yang lebih canggih karena mendukung koneksi Bluetooth. Stylus pen tersebut tentunya memiliki baterai yang dapat di-charge penuh dalam waktu kurang dari 2 menit saja. Selain itu, stylus pen tersebut juga memiliki tombol khusus yang memungkinkan kita untuk memotret foto, merekam suara, mengatur video YouTube dan slide presentasi, serta membuka dan mengunci layar smartphone. WOW!! Seperti biasa, sebagai smartphone papan atas Samsung, Galaxy Note 9 juga bersertifikasi IP68.

Samsung Galaxy Note 9 – Harga

Dengan berbagai spek impresif di atas, Galaxy Note 9 adalah pilihan tepat untuk kalian yang mencari smartphone premium berkualitas, terutama kalian yang sebelumnya belum membeli Galaxy Note 8. Di Amerika Serikat, Galaxy Note 9 dijual seharga $999 dan $1250 untuk varian RAM 6 GB dan 8 GB berturut-turut. Sementara itu, harga Galaxy Note 9 di Indonesia adalah Rp 13,5 juta dan Rp 18 juta untuk varian RAM 6 GB dan 8 GB berturut-turut. Nah, bagaimana pendapat kalian mengenai Galaxy Note 9?