Samsung Galaxy J2 Prime vs Nokia 3: 5 inci, Android 7 Nougat

Samsung Galaxy J2 Prime vs Nokia 3 adalah dua smartphone berharga murah dengan spesifikasi yang hampir sama. Keduanya bahkan berasal dari dua merek ternama yaitu Samsung dan Nokia. Namun, mana yang lebih unggul?

Samsung Galaxy J2 Prime vs Nokia 3 – Perbandingan spesifikasi

Mari kita mulai dengan membahas sisi belakangnya. Seperti dapat kalian lihat, tidak ada garsi antena pada sisi belakang Samsung Galaxy J2 Prime maupun Nokia 3, membuatnya terlihat rapid dan bersih. Selain itu, terdapat kamera utama 8 MP dengan autofocus. Kameranya juga didukung LED flash yang terletak pada posisi berbeda: sebelah kiri kamera (Samsung) vs sebelah bawah kamera (Nokia). Tentunya, kita juga dapat menjumpai logo merek dari tiap smartphone. Satu lagi, di sisi belakang Galaxy J2 Prime terdapat lubang speaker yang terletak di sebelah kanan kamera.

Beralih ke sisi depan. Baik Samsung Galaxy J2 Prime maupun Nokia 3 hadir dengan layar 5 inci. Namun, resolusi layar Galaxy J2 Prime hanya 540 x 960 piksel (qHD), lebih rendah dari layar Nokia 3 yang beresolusi 720 x 1280 piksel (HD). Untuk berfoto selfie, resolusi kamera depan Galaxy J2 Prime juga lebih rendah dari Nokia 3 (5 MP vs 8 MP). Namun, perlu diketahui kamera depan dari smartphone Samsung tersebut didukung LED flash, lebih menguntungkan ketika berfoto di tempat redup. Sebagai ciri khas smartphone Samsung, Galaxy J2 Prime memiliki tombol home fisik. Sementara itu, Nokia 3 hadir dengan tombol home kapasitif.

Dari sektor performa, keduanya diperkuat chipset MediaTek MT6737 quad-core 1,4 GHz. Namun, bila kalian membutuhkan performa multitasking yang lebih baik, pilihlah Nokia 3 yang dibekali RAM 2 GB. Di sisi lain, Galaxy J2 Prime dibekali RAM 1,5 GB. Untuk penyimpanan data, kedua smartphone ini sama-sama menyediakan memori internal 8 GB yang dapat ditambah dengan kartu microSD. Yang terakhir terkait baterai. Nokia 3 ditenagai baterai 2630 mAh, sedikit lebih besar dari baterai 2600 mAh milik Galaxy J2 Prime. Sayangnya, keduanya sama-sama tidak dilengkapi pemindai sidik jari.

Samsung Galaxy J2 Prime vs Nokia 3 – Harga

Dari perbandingan spesifikasi di atas, secara umum Nokia 3 lebih unggul dari pesaingnya. Cukup wajar bila harganya lebih mahal yaitu Rp 1,9 juta. Di sisi lain, harga Samsung Galaxy J2 Prime adalah Rp 1,6 juta. Kami yakin banyak orang lebih memilih Nokia 3. Bagaimana dengan kalian?