Samsung Galaxy Fold RESMI Lahir: 7,3 inci, RAM 12 GB, Triple 16 MP ……..

Smartphone dengan layar lipat yang telah lama dinantikan akhirnya resmi lahir. Ya, selain Galaxy S10, Samsung juga memperkenalkan Galaxy Fold di bulan Februari 2019 ini. Apakah kalian penasaran dengan desain, spesifikasi, serta harganya? Yuk, kita cari tahu bersama.

Samsung Galaxy Fold – Desain dan spesifikasi

Mari kita lihat sisi luar Samsung Galaxy Fold dalam kondisi terlipat. Pada satu sisi, kita akan jumpai layar Super AMOLED dengan bentang 4,6 inci, resolusi HD+, dan rasio 21 : 9. Di sebelah atas layarnya, kita dapat jumpai earpiece dan kaemra 10 mP dengan diafragma f/2.2. Sementara itu, di sisi satu lagi terdapat tiga kamera seperti yang dimiliki Galaxy S10, terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.5 dan f/2.4), kamera telefoto 12 MP (f/2.4), dan kamera 16 MP (f/2.2) dengan jangkaun sudut 123 derajat. Berbeda dengan Galaxy S10, tiga kamera tersebut disusun vertikal bersama LED flash pada Galaxy Fold.

Nah, ketika dibuka, kita akan jumpai layar 7,3 inci dengan resolusi 1536 x 2152 piksel (QXGA+) dan rasio 4,3 : 5. Berbeda dengan layar luar, layar di sisi dalam ini berjenis Dynamic AMOLED seperti yang digunakan seri Galaxy S10. Ya, Galaxy Fold tentu merupakan smartphone Samsung dengan layar terbesar saat ini. Smartphone ini lahir 8 tahun setelah purwarupa layar lipat pertama Samsung yang diperkenalkan pada 2011. Samsung membekali fitur App Continuity, membuat segala hal yang dikerjakan pada layar 4,6 inci akan secara otomatis berpindah ke layar 7,3 inci ketika smartphone ini tidak dilipat.

Performa Samsung Galaxy Fold juga sangat handal berkat chipset Snapdragon 855 yang dipadukan dengan RAM 12 GB. Kapasitas memori internalnya juga cukup besar yaitu 512 GB. Samsung Galaxy Fold mendapat energi dari baterai 4380 mAh yang dapat diisi ulang dengan charger berkabel maupun nirkabel. Sayangnya, smartphone ini tidak kedap air dan debu. Selain itu, smartphone ini juga tidak dibekali pemindai sidik jari dalam layar, melainkan pemindai sidik jari biasa di sisi samping.

Samsung Galaxy Fold – Harga dan ketersediaan

Samsung Galaxy Fold baru akan tersedia di Amerika Serikat mulai April 2019 dan Eropa mulai Mei 2019. Harganya adaalh $1980 atau sekitar Rp 27,9 juta. WOW!! Samsung Galaxy Fold merupakan smartphone lipat pertama yang menjadi kenyataan di bulan Februari 2019. Setelah ini, berbagai smartphone lipat lainnya akan menyusul. Nah, bagaimana pendapat kalian mengenai Samsung Galaxy Fold?