Samsung Galaxy A8s RESMI Lahir: RAM 8 GB, Infinity O Display, Triple 24 MP …

Samsung kembali membuat rekor di 2018. Raksasa asal Korea Selatan tersebut meluncurkan Galaxy A8s, smartphone pertama di dunia dengan kamera depan dalam layar, di bulan terakhir 2018. Nah, apa lagi yang spesial dari smartphone ini? Mari kita cari tahu bersama.

Samsung Galaxy A8s – Desain dan spesifikasi

Secara sekilas, bila melihat sisi depannya, mungkin kita mengira Galaxy A8s mengusung desain Infinity Display. Namun, ketika diperhatikan dengan teliti, ada lubang kecil di pojok kiri atas layarnya. Nah, desain seperti ini dinamakan Infinity O Display. Galaxy A8s menjadi smartphone pertama yang mengusung desain seperti ini. Smartphone selanjutnya yang akan hadir dengan desain seperti ini adalah Huawei Nova 4. Desain seperti ini tampaknya juga akan menjadi tren di 2019.

Lubang tersebut memiliki diameter 6,7 mm. Di dalamnya ada kamera 24 MP dengan diafragma f/2.0. Layarnya sendiri berjenis IPS LCD dengan bentang 6,4 inci, resolusi 1080 x 2340 piksel (Full HD+), dan rasio 19,5 : 9. Beralih ke sisi belakang, kita dapat jumpai pemindai sidik jari dan tiga kamera serta LED flash yang disusun vertikal. Tiga kamera tersebut terdiri dari kamera utama 24 MP (f/1.7), kamera 10 MP (f/2.4) dengan perbesaran optik, serta kamera 5 MP (f/2.2) untuk foto bokeh.

Tak hanya kamera, performanya juga handal berkat chipset Snapdragon 710 octa-core 2,2 GHz. Chipset Qualcomm ini juga menjadi otak dari Lenovo Z5 Pro, Oppo R17 Pro, Xiaomi Mi 8 SE, dan Nokia X7. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB atau 8 GB. Media penyimpanannya berkapasitas 128 GB yang masih dapat ditambah dengan kartu microSD. Sistem operasi yang dijalankannya masih Android Oreo yang tentunya akan diperbaharui ke Android Pie nanti. Yang terakhir, sebagai sumber energinya adalah baterai 3400 mAh.

Samsung Galaxy A8s – Harga dan ketersediaan

Ada tiga pilihan warna yang tersedia yaitu biru, abu-abu, dan hijau. Smartphone ini dapat dipesan di China mulai bulan Desember 2018 ini. Setelah Galaxy A9 (2018) dengan empat kamera belakang pertama di dunia, Galaxy A8s hadir dengan kamera depan dalam layar pertama di dunia. Tampaknya Samsung terus menghadirkan berbagai inovasi baru untuk kembali bersaing dengan berbagai produsen asal China. Kemungkinan besar smartphone ini juga akan dijual di Indonesia. Kita nantikan saja.