Samsung Akan Gabungkan Galaxy S Dan Galaxy Note: Apa Alasan & Rencana Berikutnya?

Kami memiliki kabar menarik terkait Samsung. Produsen smartphone asal Korea Selatan tersebut dirumorkan akan meleburkan Galaxy S dan Galaxy Note. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya?

Samsung Akan Gabungkan Galaxy S Dan Galaxy Note

Sejauh ini, kita ketahui bahwa Samsung memiliki dua seri Galaxy yang menjadi senjata andalannya di segmen smartphone premium yaitu Galaxy S dan Galaxy Note. Seri terbaru Galaxy S lahir di awal semester pertama, sedangkan seri terbaru Galaxy Note menyusul di awal semester kedua. Keduanya selalu dibekali spesifikasi dan fitur tercanggih terbaru. Namun, beredar rumor bahwa raksasa Korea Selatan tersebut berencana akan menggabungkan kedua seri tersebut. Hal ini seperti yang diungkapkan Vice Chairman Samsung, Jay Lee, yang dimuat di media Korea Selatan The Bell.

Ada beberapa dugaan faktor timbulnya rencana tersebut. Pertama, berbagai produsen asal China mulai mengancam pangsa pasar Samsung baik di segmen smartphone murah maupun kelas menengah. Lebih lanjut, seri Galaxy S dan Galaxy Note dengan spesifikasi mutakhir berharga mahal. Konsumen kini cenderung mencari smartphone papan atas dengan harga lebih terjangkau yang mayoritas hanya dapat dipenuhi oleh smartphone premium asal China. Beberapa bahkan masih memilih untuk bertahan pada smartphone premium lama dari Samsung. Hal ini tercermin dari penjualan Galaxy S8 yang masih lebih tinggi dari Galaxy Note 8 dan bahkan Galaxy S9.

Satu hal lagi, selalu ada tumpang tindih antara Galaxy S dan Galaxy Note dalam hal teknologi. Stylus pen tampaknya menjadi pembeda utama dari keduanya. Nah, bila rencana di atas menjadi kenyataan, tampaknya kita hanya akan melihat Galaxy S terbaru mulai tahun depan. Hal ini juga sejalan dengan rumor sebelumnya terkait akan ada tiga varian Galaxy S10. Dua varian Galaxy S10 menyasar pengguna setia Galaxy S. Nah, khusus Galaxy S10+, beredar spekulasi bahwa varian ini akan hadir dengan stylus pen yang menjadi ciri khas Galaxy Note. Varian ini sekaligus menyasar pengguna setia Galaxy Note.

Seri Galaxy X menjadi calon smartphone paling premium Samsung?

Bila rencana tersebut menjadi kenyataan, maka Samsung akan menghemat biaya pengembangan, perancangan, produksi, hingga pemasaran. Selain itu, Samsung juga dikabarkan akan meluncurkan smartphone layar lipat Galaxy X awal tahun 2019. Galaxy X dirumorkan akan menjadi varian smartphone paling premium dari Samsung di tahun-tahun berikutnya. Apakah rencana penggabungan Galaxy S dan Galaxy Note akan benar-benar terwujud? Kita nantikan saja.