Perang Harga SAMA: Monster RAM 2 GB vs 6 GB, Dual 12 MP vs Dual 19 MP …

Dalam artikel ini, mari kita bandingkan Apple iPhone X dan Sony Xperia XZ2 Premium, dua di antara smartphone premium terbaik yang ada saat ini. Nah, mana yang sebaiknya kalian beli? Mari kita cari tahu bersama.

Apple iPhone X vs Sony Xperia XZ2 Premium – Perbandingan desain dan spesifikasi

Di antara keduanya, Apple iPhone X lebih dahulu meluncur pada September 2017. Sementara itu, Sony Xperia XZ2 Premium baru menunjukkan dirinya pada April 2018. Menariiknya, kedua smartphone berlayar 5,8 inci, namun jenis layarnya berbeda: OLED (Apple) vs LCD (Sony). Lebih lanjut, iPhone X sudah mengusung layar berponi dengan rasio 19 : 9. Cukup mengherankan, Xperia XZ2 Premium masih mengusung layar 16 : 9. Meski demikian, layarnya lebih impresif karena mendukung resolusi hingga 4K, sedangkan layar iPhone X beresolusi Full HD+.

Terkait performa, Apple iPhone X diperkuat chipset A11 Bionic yang dipadukan dengan RAM 3 GB. Di sisi lain, Sony Xperia XZ2 Premium mengandalkan chipset Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 6 GB. Dengan chipset lebih baru, performa smartphone Sony tersebut tentu lebih tangguh. Tak hanya itu, berkat RAM dua kali lebih besar, performa multitasking-nya juga lebih baik. Untuk penyimpanan data, keduanya sama-sama menawarkan memori internal 64 GB. Namun, hanya Sony Xperia XZ2 Premium yang dilengkapi slot kartu microSD. Sekedar info, iPhone X juga tersedia dalam varian ROM 256 GB.

Dari sektor fotografi, keduanya sama-sama memiliki kamera belakang ganda dengan konfigurasi berbeda. Apple iPhone X dibekali kamera utama 12 MP (f/1.8) dan kamera telefoto 12 MP (f/2.4). Di sisi lain, Sony Xperia XZ2 Premiium dibekali kamera RGB 19 MP (f/1.8) dan kamera monokrom 12 MP (f/1.6). Untuk berfoto selfie, iPhone X menyediakan kamera depan 7 MP, lebih rendah dari kamera depan 13 MP milik pesaingnya. Secara sekilas, tampaknya kamera Sony Xperia XZ2 Premium lebih unggul.

Lebih lanjjut, untuk urusan sumber energi, Apple iPhone X ditenagai baterai 2716 mAh, sedangkan Sony Xperia XZ2 Premium ditenagai baterai 3540 mAh. Menariknya, keduanya mendukung wireless charging. Dari sektor keamanan, Apple iPhone X hanya mengandalkan Face ID, sedangkan Sony Xperia XZ2 Premium masih menggunakan pemindai sidik jari biasa. Yang terakhir, Sony Xperia XZ2 Premium yang bersertifikasi IP68 tentu lebih unggul dari Apple iPhone X yang bersertifikasi IP67.

Apple iPhone X vs Sony Xperia XZ2 Premium – Harga

Secara umum, kami harus akui bahwa Sony Xperia XZ2 Premium lebih unggul. Hal ini dapat dipahami karena smartphone tersebut meluncur enam bulan lebih setelah kelahiran iPhone X. Tentunya, teknologi yang ada juga lebih modern. Menariknya, harga Sony Xperia XZ2 Premium sama dengan Apple iPhone X varian ROM 64 GB yaitu $999 atau sekitar Rp 14,2 juta. Jadi, mana yang kalian pilih?