Panasonic Eluga X1 Dan X1 Pro RESMI Lahir: RAM 6 GB, ROM 128 GB Seharga ….

Di awal bulan Oktober 2018, Panasonic memperkenalkan dua smartphone barunya yang bernama Eluga X1 dan Eluga X1 Pro. Bagaimana desain dan spesfiikasinya serta berapa harganya? Mari kita cari tahu bersama.

Panasonic Eluga X1 dan Eluga X1 Pro – Desain dan spesifikasi

Keduanya memiliki banyak persamaan dalam hal desain dan spesifikasi. Sisi depan dan belakang keduanya dilapisi Gorilla Glass 3, sedangkan bingkainya terbuat dari stainless steel. Nah, kita berfokus pada sisi depannya lebih dulu. Kita dapat dengan jelas melihat poni yang menyimpan earpiece dan sensor-sensor lainnya. Salah satunya adalah kamera 16 MP untuk berfoto selfie dan video call. Selain itu, ada pula sensor pengenal wajah dengan inframerah. Layarnya memiliki bentang 6,18 inci, resolusi 1080 x 2246 piksel (Full HD+), dan rasio 19 : 9.

Beralih ke sisi belakang, selain pemindai sidik jari, kita dapat jumpai kamera ganda yang disusun vertikal, terdiri dari kamera utama 16 MP dan kamera sekunder 5 MP. Performanya ditunjang chipset Helio P60. Nah, perbedaan pertama dari keduanya adalah kapasitas RAM dan ROM. Eluga X1 dibekali RAM 4 GB dan ROM 64 GB, sedangkan Eluga X1 Pro dibekali RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Meski demikian, keduanya dilengkapi slot kartu microSD untuk menambah kapasitas media penyimpanannya. Lebih lanjut, keduanya juga sama-sama ditenagai baterai 3000 mAh. Namun, Eluga X1 Pro lebih istimewa karena mendukung wireless charging.

Sayangnya, kedua smartphone ini tidak memiliki audio jack 3,5 mm. Keduanya hanya dibekali port USB Type C untuk charger serta headphone. Namun, kalian tak perlu khawatir karena Panasonic melengkapinya dengan converter USB Type C ke audio jack 3,5 mm. Panasonic lebih dikenal sebagai produsen peralatan elektronik. Namun, di India, Panasonic juga dikenal sebagai produsen smartphone. Sebelumnya, Panasonic mengeluarkan smartphone yang menyasar segmen kelas menengah bawah. Nah, kehadiran Eluga X1 dan Eluga X1 Pro menunjukkan bahwa Panasonic mulai beralih ke segmen yang lebih tinggi. Di Indonesia, Eluga X1 dan Eluga X1 Pro setara dengan Vivo V11 dan Oppo F9 dalam hal performa karena sama-sama diperkuat chipset Helio P60.

Panasonic Eluga X1 dan Eluga X1 Pro – Harga dan ketersediaan

Hanya ada dua pilihan warna yang tersedia yaitu silver dan grey. Di India, Eluga X1 dijual seharga 22990 Rupee (Rp 4,6 juta), sedangkan harga Eluga X1 Pro adalah 26990 Rupee (Rp 5,3 juta). Bila Panasonic membawa keduanya ke Indonesia, apakah kalian berminat untuk membelinya?