Oppo Find X vs Samsung Galaxy Note 9: Harga SAMA, RAM 8 GB, Dan Lainnya …

Oppo Find X dan Samsung Galaxy Note 9 tampaknya menjadi dua di antara smartphone premium terbaik yang ada di Indonesia pada Agustus 2018. Keduanya membawa berbagai fitur inovatif kepada kita semua. Namun, mana yang lebih unggul? Mari kita cari tahu bersama.

Oppo Find X vs Samsung Galaxy Note 9 – Perbandingan desain dan spesifikasi

Oppo Find X lebih dulu memulai debut globalnya pada Juni 2018. Tak mengherankan bila smartphone ini juga lebih dulu mendarat di Indonesia. Sementara itu, Samsung Galaxy Note 9 memulai debutnya pada Agustus 2018. Berbicara soal desain, Galaxy Note 9 terlihat cukup membosankan karena terlihat mirip dengan Galaxy Note 8. Di sisi lain, Oppo Find X terlihat lebih menawan karena sisi depan dan belakangnya bersih dari kamera dan sensor-sensor lainnya yang biasa terlihat pada smartphone umumnya. Semua kameranya ditempatkan pada bagian yang dapat naik dan turun dengan motor khusus.

Terkait layar, Oppo Find X memiliki layar 6,42 inci beresolusi Full HD+, sedangkan Galaxy Note 9 hadir dengan layar 6,4 inci beresolusi Quad HD+. Keduanya sama-sama menggunakan layar Super AMOLED. Dalam hal performa, Oppo Find X diperkuat chipset Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 8 GB. Smartphone ini menyediakan dua pilihan memori internal, 128 GB dan 256 GB, yang sayangnya tidak didukung slot kartu microSD. Untuk Indonesia, Oppo hanya merilis varian ROM 256 GB. Di sisi lain, Galaxy Note 9 mengandalkan chipset Exynos 9810. Ada dua varian yang tersedia, RAM 6 GB + ROM 128 GB dan RAM 8 GB + ROM 512 GB, yang menariknya didukung slot kartu microSD. Tidak seperti pesaingnya, dua varian Galaxy Note 9 tersebut dapat dijumpai di tanah air.

Beralih ke sektor fotografi, Oppo Find X memiliki dua kamera belakang yang terdiri dari kamera 16 MP (f/2.0) dan kamera 20 MP (f/2.0), sedangkan Galaxy Note 9 dibekali kamera belakang ganda yang terdiri dari kamera 12 MP (f/1.5 dan f/2.4) serta kamera telefoto 12 MP (f/2.4). Sementara itu, untuk berfoto selfie, Oppo Find X menyediakan kamera depan 25 MP (f/2.0), sedangkan Galaxy Note 9 menyediakan kamera depan 8 MP (f/1.7). Terkait sistem keamanan, Oppo Find X mengandalkan sensor pengenal wajah 3D, sedangkan Galaxy Note 9 dibekali pemindai sidik jari dan iris mata. Kapasitas baterai keduanya berbeda tipis: 3730 mAh (Oppo) vs 4000 mAh (Samsung). Nah, ada dua hal yang dimiliki Galaxy Note 9 namun tidak dimiliki Oppo Find X yaitu sertifikasi IP68 serta stylus pen canggih dengan koneksi Bluetooth.

Oppo Find X vs Samsung Galaxy Note 9 – Harga

Di segmen terakhir ini, mari kita cermati Oppo Find X varian RAM 8 GB + ROM 256 GB serta Samsung Galaxy Note 9 varian Ram 6 GB + ROM 128 GB. Menariknya, harga keduanya sama yaitu Rp 13,5 juta. Meski demikian, kami harus akui bahwa Galaxy Note 9 lebih unggul berkat resolusi layar lebih tinggi, kamera lebih canggih, baterai lebih besar, sertifikasi IP68, serta stylus pen menawan. Nah, di antara keduanya, mana yang kalian pilih? Sekedar info, harga Galaxy Note 9 varian ROM 256 GB adalah Rp 18 juta.