Oppo F1s vs Sony Xperia XA Ultra: Perang Ahlinya Berfoto Selfie

Oppo F1s sedang menjadi topik yang hangat saat ini karena memiliki kamera depan 16 MP, tentunya disukai oleh kalian penggemar berfoto selfie. Namun, smartphone Oppo ini harus bersaing dengan Sony Xperia XA Ultra yang hadir dengan kamera depan yang sama. Mari kita membandingkan kedua smartphone ini.

banner-1920x700-F1s

Oppo F1s vs Sony Xperia XA Ultra

Waktu peluncuran

Kedua smartphone ini berasal dari dua produsen ternama di industri smartphone saat ini. Sony Xperia XA Ultra terlebih dahulu meluncur pada bulan Mei 2016 dan baru tersedia di beberapa negara saja, tidak termasuk Indonesia. Sementara itu, Oppo F1s baru saja meluncur pada awal bulan Agustus ini di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia.

Layar

Oppo F1s hadir dengan layar 5,5 inci beresolusi 720 x 1280 piksel yang dilindungi lapisan anti gores Gorilla Glass 4. Di sisi lain, layar Sony Xperia XA Ultra lebih besar dengan ukuran 6 inci, dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu 1080 x 1920 piksel, dan juga dilindungi lapisan anti gores.

Chipset, GPU, dan RAM

Keduanya diperkuat chipset MediaTek dengan jenis yang berbeda, Oppo F1s diperkuat chipset MediaTek MT6750 octa-core 1,5 GHz, sedangkan Sony Xperia XA Ultra dengan chipset MediaTek MT6755 octa-core 2,0 GHz. Lebih lanjut, kedua chipset tersebut didukung prosesor grafik Mali-T860 MP2 dan RAM 3 GB. Meskipun didukung prosesor grafik dan RAM yang sama, performa smartphone Sony tersebut lebih baik berkat chipset yang lebih baru serta kecepatan prosesor yang lebih tinggi.

Kapasitas media penyimpanan

Memori internal Sony Xperia XA Ultra hanya 16 GB. Sementara itu, memori internal Oppo F1s dua kali lebih besar yaitu 32 GB. Lebih lanjut, keduanya dilengkapi slot microSD card, memungkinkan memori internal smartphone Sony dan Oppo ini dapat ditambah hingga 200 GB dan 128 GB berturut-turut. Meskipun lebih kecil, secara keseluruhan media penyimpanan yang ditawarkan Sony Xperia XA Ultra lebih besar dari pesaingnya.

Kamera

Kedua smartphone ini sama-sama memiliki kamera depan 16 MP yang didukung berbagai fitur terbaik untuk mempercantik foto selfie kalian, namun hanya kamera depan Sony Xperia XA Ultra yang dilengkapi LED flash. Bagaimana dengan kamera pada bagian belakangnya? Kamera utama OOppo F1s beresolusi 13 MP, sedangkan kamera utama Sony Xperia XA Ultra lebih baik karena beresolusi 21,5 MP. Secara umum, kedua kamera yang dimiliki smartphone Sony tersebut lebih baik dari pesaingnya.

Baterai

Baterai yang menjadi sumber energi Oppo F1s berkapasitas 3075 mAh. Sayangnya, meskipun dengan layar yang lebih besar, Sony Xperia XA Ultra dibekali baterai dengan kapasitas lebih kecil yaitu 2700 mAh.

xperia-xa-ultra-3-bring-life-to-a-standstill-desktop-tablet-mobile-a8c736126fbffb6700187719b4311678

Informasi tambahan

Sony Xperia XA Ultra telah menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow, sedangkan Oppo F1s masih menjalankan sistem operasi yang lebih lama yaitu Android 5.1.1 Lollipop dengan antarmuka ColorOS 3.0. Untuk sistem keamanan, Oppo F1s sedikit lebih baik karena dibekali pemindai sidik jari yang ditanamkan pada tombol home. Lebih lanjut, kalian dapat memiliki Sony Xperia XA Ultra dengan pilihan warna White, Graphite Black, dan Lime Gold, sedangkan Oppo F1s dalam warna Gold dan Rose Gold.

Oppo F1s vs Sony Xperia XA Ultra – Harga dan ketersediaan

Setelah melihat perbandingan spesifikasi di atas, kami yakin kalian dapat menentukan smartphone yang lebih unggul. Kali ini mari kita perhatikan harganya. Oppo F1s ditawarkan dengan harga Rp 3,8 juta dan sudah dapat dipesan di Indonesia. Sementara itu, harga Sony Xperia XA Ultra lebih mahal, berkisar $370 atau Rp 4,9 juta. Dengan harga yang lebih murah, Oppo F1s tentunya lebih diminati oleh para konsumen. Bagaimana menurut kalian?