OnePlus 3T vs Oppo R9s Plus: RAM 6 GB, Kamera 16 MP + 16 MP

OnePlus 3T vs Oppo R9s Plus adalah dua smartphone terbaru yang cocok untuk kalian yang gemar memotret foto. Selain itu, keduanya juga memiliki desain menarik dan performa tangguh. Namun, di antara keduanya, mana yang lebih baik? Mari kita cari tahu.

Oppo R9s Plus

OnePlus 3T vs Oppo R9s Plus – RAM 6 GB, kamera 16 MP + 16 MP

Layar

OnePlus 3T hadir dengan layar 5,5 inci, sedangkan Oppo R9s Plus dengan layar 6 inci. Namun, kedua layarnya sama-sama beresolusi Full HD.

Chipset dan RAM

OnePlus 3T diperkuat chipset Snapdragon 821 quad-core 2,35 GHz, sedangkan Oppo R9s Plus dengan Snapdragon 653 octa-core 1,95 GHz. Kedua chipset tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB. Seperti yang kita ketahui, chipset Snapdragon 821 ditujukan untuk smartphone papan atas, sedangkan Snapdragon 653 untuk smartphone kelas menengah. Jadi, meskipun sama-sama dipadukan dengan RAM 6 GB, performa OnePlus 3T lebih tangguh dari pesaingnya.

Media penyimpanan

Untuk keperluan menyimpan data, OnePlus 3T menawarkan dua varian memori internal yaitu 64 GB dan 128 GB. Di sisi lain, Oppo R9s Plus hanya menyediakan memori internal 64 GB. Akan tetapi, Oppo melengkapi smartphone tersebut dengan slot microSD card yang memungkinkan memori internalnya ditambah hingga 128 GB. Hal ini tentu menjadi keuntungan untuk pemilik Oppo R9s Plus.

Oppo R9s Plus 1

OnePlus 3T 2

Kamera

Kamera tampaknya menjadi aspek yang paling menarik untuk dibahas dari kedua smartphone ini. OnePlus 3T dilengkapi kamera utama 16 MP dengan sensor Sony IMX298 dan diafragma f/2.0. Di sisi lain, Oppo R9s Plus memiliki kamera utama 16 MP dengan sensor Sony IMX398 dan diafragma f/1.7. Dengan diafragma yang lebih besar, kamera utama Oppo R9s Plus mampu menangkap lebih banyak cahaya sehingga menghasilkan foto yang lebih terang dan jelas di tempat redup. Sementara itu, kamera depan keduanya beresolusi 16 MP dengan diafragma f/2.0.

Baterai

Sebagai varian lebih besar, Oppo R9s Plus dengan layar 6 inci dibekali baterai dengan kapasitas lebih besar yaitu 4000 mAh. Sementara itu, OnePlus 3T ditenagai baterai 3400 mAh. Untuk mempercepat waktu pengisian ulang baterainya, kedua smartphone ini juga didukung teknologi fast charging: VOOC Flash Charge (Oppo) vs Dash Charge (OnePlus).

Tambahan

Dalam hal desain, keduanya juga memiliki persamaan. Kita dapat menjumpai dua garis antena horizontal pada bagian belakangnya serta sebuah tombol home fisik yang telah ditanamkan pemindai sidik jari pada bagian depannya. Keduanya juga hadir dengan bodi berbahan logam namun dengan pilihan warna yang berbeda: Black, Gold, dan Rose Gold (Oppo R9s Plus) vs Gunmetal dan Soft Gold (OnePlus 3T). Yang terakhir, keduanya juga menjalankan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow namun dengan antarmuka yang berbeda: ColorOS 3.0 (Oppo) vs Oxygen OS (OnePlus).

OnePlus 3 5

OnePlus 3T vs Oppo R9s Plus – Kesimpulan

Dari perbandingan spesifikasi di atas, tampaknya OnePlus 3T lebih unggul dalam hal performa, memori internal, dan layar. Sementara itu, Oppo R9s Plus lebih unggul dalam hal kamera utama, baterai, dan ketersediaan slot microSD card. Kali ini, mari kita bandingkan harga keduanya.

OnePlus 3T Oppo R9s Plus
ROM 64 GB $439 (Rp 5,95 juta) $519 (Rp 7 juta)
ROM 128 GB $479 (Rp 6,5 juta)

Menurut kami, meskipun harga Oppo R9s Plus lebih mahal dari pesaingnya, namun smartphone tersebut memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki OnePlus 3T. Akan tetapi, secara umum, keduanya adalah smartphone berkualitas yang ada di pasar saat ini. Bila kalian harus memilih, mana yang akan kalian ambil: OnePlus 3T vs Oppo R9s Plus??