Nokia X Folder: Monster RAM 8 GB, Layar Putar 360 Dearjat ….

Setelah layar 18 : 9 dan layar berponi dengan rasio 19 : 9, tampaknya tren berikutnya di industry smartphone adalah layar lipat. Nokia ternyata tertarik untuk menjadi salah satu pelopor smartphone layar lipat dengan mempersiapkan Nokia X Folder. Bagaimana tampilannya?

Nokia X Folder – RAM 8 GB, layar putar 360 derajat

Sejauh ini, Samsung memang dikabarkan akan menjadi produsen pertama yang meluncurkan smartphone dengan layar lipat. Konsepnya bahkan sudah sempat diperlihatkan sekitar 6 bulan lalu. Selain Samsung, beberapa produsen asal China bahkan juga berlomba untuk menciptakan smartphone layar lipat. Nah, ternyata Nokia juga tertarik bermain di segmen ini. Raksasa asal Finlandia tersebut kabarnya sedang mempersiapkan Nokia X Folder. Mungkinkah Nokia X Folder menjadi wujud nyata dari Nokia Swan?

Dari konsep yang beredar, terlihat bahwa Nokia X Foler dapat dilipat seperti buku. Kemudian, layarnya dapat dibuka 90 derajat menjadi seperti laptop dan 180 derajat seperti tablet. Menariknya lagi, layarnya dapat diputar hingga 360 derajat. Pada kondisi seperti ini, kita akan menjumpai dua layar yang saling bertolak belakang. Bila menjadi kenyataan, Nokia X Folder akan menjadi smartphone paling inovatif yang pernah ada.

Lebih lanjut, selain desain inovatif, Nokia X Folder juga menawarkan performa brilian yang ditunjang chipset Snapdragon 845. Performanya semakin fantastis berkat RAM 8 GB. Untuk penyimpanan data, tersedia dua pilihan memori internal, 256 GB dan 512 GB, yang masih dapat ditambah melalui kartu microSD. Dari sektor fotografi, Nokia X Folder tampaknya akan meniru Huawei P20 Pro yang memiliki tiga kamera belakang. Nah, Nokia X Folder kabarnya dibekali tiga kamera belakang (23 MP + 20 MP + 5 MP) dan kamera depan 24 MP. Sebagai sumber energinya baterai jumbo dengan kapasitas 7000 mAh yang mendukung teknologi fast charging. Sistem operasi yang dijalankannya Android P.

Nokia X Folder – Harga dan peluncuran

Dilihat dari konsepnya, Nokia X Folder sangat impresif. Kemungkinan besar smartphone ini tidak akan lahir tahun ini mengingat perancangannya yang membutuhkan ketelitian. Kemungkinan Nokia X Folder akan meluncur di kuartal kedua atau ketiga 2019. Harganya dipastikan tidak murah, di atas $1600. Meski mahal, harga tersebut sudah pantas untuk smartphone dengan desain dan spek menawan. Bagaimana menurut kalian?