Nokia P1 vs Sony Xperia XZ: Monster RAM 3 GB Berkamera 20 MP ++

Nokia P1 vs Sony Xperia XZ adalah dua di antara berbagai smartphone yang sangat dinantikan kehadirannya pada 2016. Karena keduanya dibekali RAM 3 GB, kami melibatkan keduanya dalam sebuah pertarungan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari masing-masing smartphone.

Nokia P1 press render

Nokia P1 vs Sony Xperia XZ – Monster kamera dengan RAM 3 GB

Nokia P1 belum lama ini digosipkan sebagai salah satu smartphone yang pertama kali diperkenalkan Nokia ketika kembali pada akhir tahun ini. Ketika si raksasa resmi kembali ke pasar smartphone nanti, Nokia P1 akan diproduksi dengan mengadopsi teknologi Sharp Aquos. Dikabarkan bahwa smartphone Nokia ini juga akan dibekali spesifikasi yang hampir sama seperti Sharp Aquos P1. Di sisi lain, Sony Xperia XZ baru saja diperkenalkan pada ajang IFA 2016 di Berlin, Jerman.

Selanjutnya, mari kita perhatikan perbandingan spesifikasi Nokia P1 vs Sony Xperia XZ. Seperti diketahui, kedua smartphone ini dibekali RAM 3 GB dan chipset Snapdragon 820 quad-core. Untuk media penyimpanan, Nokia P1 akan hadir dengan memori internal 32 GB yang masih dapat ditambah hingga 200 GB dengan microSD card. Di sisi lain, Sony Xperia XZ menawarkan dua pilihan memori internal, 32 GB dan 64 GB, yang dapat ditambah hingga 256 GB dengan microSD card. Terkait sumber energi, Sony Xperia XZ memiliki baterai 2900 mAh yang didukung teknologi fast charging,, sedangkan Nokia P1 dengan baterai 3000 mAh. Meskipun 100 mAh bukan selisih yang besar, dengan reputasi baterai smartphone Nokia yang dapat bertahan lama, kami prediksi daya tahan baterai Nokia P1 akan lebih lama dari pesaingnya.

Nokia P1 VS Sony Xperia XR

Kali ini, mari kita perhatikan kamera yang dimiliki Nokia P1 vs Sony Xperia XZ, salah satu fitur yang cukup penting pada smartphone. Seperti yang diketahui, Sharp Aquos P1 hadir dengan kamera utama 22,6 MP dan kamera depan 5 MP. Kami berharap kamera pada Nokia P1 akan didukung teknologi PureView. Di sisi lain, Sony Xperia XZ memiliki kamera 23 MP di bagian belakang dan kamera 13 MP di bagian depan. Karena Sony dan Nokia terkenal dengan sensor kamera yang berkualitas, sedikit sulit untuk menentukan pemenangnya dalam hal kamera.

Nokia P1 vs Sony Xperia XZ – Akhir pertarungan

Sebelum masuk ke bagian penutup, perlu diketahui bahwa kedua smartphone memiliki bodi berbahan logam dengan layar 5,3 inci (Nokia P1) dan 5,2 inci (Sony Xperia XZ). Setelah menelusuri spesifikasinya, ternyata keduanya merupakan lawan tangguh untuk satu sama lain. Kita tentu sudah tidak sabar melihat peluncuran resmi Nokia P1 beserta harganya. Bila harganya lebih rendah dari Sony Xperia XZ, Nokia P1 akan lebih unggul pada pertarungan ini.