Nokia P1 Kembali Terungkap: Kamera 22,6 MP + ROM 256 GB

Selain Nokia 8, smartphone lainnya dari Nokia yang baru saja terungkap pada pekan ini adalah Nokia P1. Informasi terkait spesifikasi dan harganya juga beredar. Nah, mari kita cari tahu bersama.

Nokia P1 1 Nokia P1 kembali terungkap – kamera 22,6 MP, ROM 256 GB ….

Mari kita kembali ke pertengahan tahun lalu, tepatnya pada awal bulan Juli 2016. Saat itu, kita semua dihebohkan dengan rumor terkait calon smartphone si raksasa dari Finlandia yaitu Nokia P1. Smartphone tersebut kabarnya dikembangkan berdasarkan Sharp Aquos Xx3 yang meluncur di Jepang pada Mei 2016. Sayangnya, tidak satu pun spesifikasi Nokia P1 yang diketahui sejak kemunculan rumor pertamanya.

Namun, kali ini sebuah sumber informasi asal Rusia, Worket, memberikan informasi terbaru mengenai smartphone tersebut. Secara umum, tampilan Nokia P1 akan mirip dengan Sharp Aquos Xx3, tetapi spesifikasinya akan lebih tangguh. Dikabarkan Nokia P1 akan hadir dengan layar Sharp IGZO berukuran 5,3 inci dengan resolusi minimal Full HD. Menariknya, layarnya akan dilindungi Gorilla Glass 5. Yang akan menjadi jantungnya adalah chipset Snapdragon 835 octa-core 2,4 GHz dipadukan dengan RAM 6 GB. Untuk keperluan menyimpan data, aka nada dua pilihan memori internal yaitu 128 GB dan 256 GB.

Nokia P1 2

Seperti Sharp Aquos Xx3, kamera utama Nokia P1 juga akan beresolusi 22,6 MP. Jika kamera utama smartphone Sharp tersebut menggunakan sensor CMOS dari Samsung, pada Nokia P1 akan menggunakan lensa Zeiss buatan Carl. Belum ada informasi terkait resolusi kamera depannya. Lebih lanjut, seperti Nokia 6, sistem operasi yang akan dijalankannya adalah Android 7.0 Nougat. Sebagai sumber energinya adalah baterai 3500 mAh didukung teknologi fast charging. Akan ada pula pemindai sidik jari untuk meningkatkan sistem keamanannya.

Nokia P1 kabarnya akan hadir dengan dua bahan material berbeda. Varian dengan ROM 256 GB akan hadir dengan bodi berbahan ceramic, sedangkan varian ROM 128 GB akan memiliki bingkai berbahan logam. Menariknya, bodi keduanya akan dilengkapi fitur kedap air dan debu (IP55 atau IP57). Seperti diketahui, Foxcon telah mengakuisisi Sharp pada tahun lalu dan Foxcon juga menjadi bagian dari Nokia untuk memproduksi smartphone dengan merek Nokia. Jadi, pengembangan Nokia P1 yang berbasis Sharp Aquos Xx3 sangat wajar untuk menjadi kenyataan.

Nokia P1 3

Nokia P1 – Harga dan ketersediaan

Bila kita melihat semua spesifikasi di atas, tampaknya Nokia P1 adalah smartphone papan atas menjanjikan yang dapat mengancam para pesaingnya di kelas yang sama. Terkait harganya, varian ROM 128 GB kabarnya akan ditawarkan sekitar $800 (Rp 10,8 juta), sedangkan varian ROM 256 GB sekitar $950 (Rp 12,8 juta). Smartphone ini kemungkinan besar akan hadir pada MWC 2017 karena HMD Global dan Nokia telah menegaskan akan memperkenalkan beberapa smartphone baru pada 26 Februari 2017 pada ajang tahunan tersebut di Barcelona. Kita nantikan saja.