Nokia 9 PureView RESMI Lahir: RAM 6 GB, Penta 12 MP, QHD+ Hanya …..

Smartphone yang telah lama dinantikan ini akhirnya resmi menyapa kita semua di MWC 2019. Smartphone ini merupakan smartphone pertama di dunia dengan lima kamera belakang. Ya, mari kita jumpai Nokia 9 PureView!!!Nokia 9 PureView

Nokia 9 PureView – Desain dan spesifikasi

Secara sekilas, Nokia 9 PureView memiliki bahasa desain yang sama dengan Nokia seri X, dengan sisi depan dan belakang yang dilapisi kaca serta bingkai terbuat dari logam. Kaca depan dan belakangnya adalah Gorilla Glass 5. Nokia 9 PureView masih hadir dengan layar 18 : 9. Layarnya berjenis P-OLED dengan bentang 5,99 inci dan resolusi 1440 x 2880 piksel (Quad HD+). Nokia 9 PureView juga menjadi smartphone pertama Nokia dengan pemindai sidik jari dalam layar. Nah, di bezel atas layarnya terdapat kamera 20 MP (f/1.8) untuk berfoto selfie dan video call.

Beralih ke sisi belakang, kita akan jumpai nilai jual utama dari smartphone ini yaitu lima kamera belakang yang disusun melingkar bersama LED flash dan kamera keenam untuk foto portrait. Kelima kamera tersebut beresolusi 12 MP dengan diafragma f/1.8. Kelimanya juga menggunakan lensa ZEISS. Di antara kelimanya, dua merupakan sensor RGB, sedangkan tiga lainnya sensor monokrom. Dengan lima kamera ini, Nokia 9 PureView mampu menghasilkan foto beresolusi 60 MP. Kelimanya juga mampu menangkap cahaya 10 kali lebih banyak dari satu sensor RGB. Ya, kelahiran smartphone ini menjadi tanda kembalinya PureView di industri smartphone setelah Nokia 808 PureView dan Nokia Lumia 1020. Nokia 9 PureView

Chipset yang digunakannya adalah Nokia 845 yang tampaknya akan membuat sebagian orang kecewa. Hal ini dapat dipahami karena Nokia telah mengeluarkan waktu dan tenga sangat lama untuk mengembangkan algoritma kamera belakangnya yang melibatkan CPU, GPU, ISP, dan DSP. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 6 GB dan memori internal 128 GB (didukung slot kartu microSD). Sistem operasi yang dijalankannya sudah Android Pie. Nokia 9 PureView bersertifikasi IP67. Yang terakhir, sebagai sumber energinya adalah baterai 3320 mAh yang dapat diisi dengan charger berkabel maupun nirkabel. Sayangnya, Nokia tidak melengkapinya dengan audio jack 3,5 mm.

Nokia 9 PureVIew – Harga dan ketersediaan

Sejauh ini, hanya ada satu warna yang tersedia yaitu midnight blue. Harganya adalah $699 (Rp 9,8 juta), lebih murah dari mayoritas smartphone premium baru yang lahir di awal 2019. Nokia 9 PureVIew dijual mulai Maret 2019. Nokia 9 PureView ditargetkan untuk kalian pecinta fotografi. Lima kamera belakang akan memberikan pengalaman fotografi yang baru dan berbeda. Nah, bagaimaan pendapat kalian mengenai Nokia 9 PureView?