Nokia 9 PureView Dgn LIMA Kamera, 4150 mAh Akan Lahir pada …..

Para pecinta Nokia tentu sudah tak sabar ingin menjadi saksi kelahiran Nokia 9 PureView yang kabarnya akan menjadi smartphone dengan kamera terbaik di kelasnya. Nah, perkiraan waktu kelahirannya sudah terkuak. Kapan?

Nokia 9 PureView – Bocoran waktu peluncuran, desain, dan spek

Nokia 9 PureView kabarnya sudah mendapat sertifikasi dari Bluetooth SIG di bulan Desember 2018. Biasanya, smartphone yang sudah disertifikasi Bluetooth SIG akan meluncur sekitar satu bulan kemudian. Nah, Nokia 9 PureView kemungkinan besar akan meluncur di pekan terakhir bulan Januari 2019. Hal ini juga didukung info yang dipublikasikan akun Twitter Nokia anew @Nokia_anew dari Rusia. Nokia tampaknya akan menggelar acara sendiri dan melewatkan CES 2019 di awal Januari 2019 dan MWC 2019 di akhir Februari 2019.

Sebelumnya, bocoran wujud tiga dimensinya juga telah dikeluarkan oleh 91Mobiles dan Onleaks. Tak hanya itu, desain casing-nya juga telah beredar dan sesuai dengan bocoran wujud tiga dimensi Nokia 9 PureView. Yang menjadi daya tarik utama adalah adanya lima kamera belakang yang disusun melingkar bersama LED flash dan kemungkinan satu sensor PDAF. Kameranya dipastikan akan didukung teknologi PureView yang kembali dikuasai Nokia pada Agustus 2018. Tak hanya itu, kameranya juga menggunakan lensa Zeiss.

Nokia 9 PureView memiliki dimensi 155 x 75 x 7,9 mm. Seperti dilihat, tidak ada poni di sisi depannya. Nokia 9 PureView akan memiliki layar 5,9 inci dengan resolusi Quad HD+ dan rasio 18 : 9. Di bezel atas akan terdapat kamera 12 MP. Seperti Nokia 8 Sirocco, Nokia 9 PureView tidak akan memiliki lubang audio jack 3,5 mm. Sisi belakangnya akan terbuat dari kaca untuk mendukung wireless charging. Baterainya dikabarkan berkapasitas 4150 mAh. Terkait performa, Nokia 9 PureView dirumorkan akan diperkuat chipset Snapdragon 845 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Smartphone ini diharapkan bersertifikasi IP67 seperti Nokia 8 Sirocco atau IP68 agar kedap air dan debu. Satu hal lagi, Nokia 9 PureView akan mengadopsi pemindai sidik jari dalam layar. Bila benar, berarti layarnya akan berjenis AMOLED.

Nokia 9 PureView – Pengancam gelar monster kamera

Dengan teknologi PureView dan lensa Zeiss, lima kamera belakang Nokia 9 PureView dikabarkan akan menjadi yang terbaik di kelasnya. Tentunya, semua smartphone papan atas harus mewaspadainya. Semoga saja Nokia 9 PureView dapat menggeser Huawei P20 Pro yang masih bertahan sebagai smartphone dengan kamera terbaik di dunia hingga akhir 2018. Satu hal yang disayangkan, bila Nokia 9 PureView benar-benar diperkuat chipset Snapdragon 845, maka performanya tidak mampu bersaing dengan smartphone papan atas yang lahir di 2019. Semoga saja Nokia menggantinya dengan chipset Snapdragon 855. Nah, mungkinkah Nokia 9 PureView lahir di akhir Januari 2019? Kami akan perbaharui infonya di artikel berikutnya beserta dengan rumor spek terbarunya, terutama resolusi dari lima kamera belakangnya yang masih belum diketahui.