Nokia 8 vs Huawei Mate 9 Pro: Perang Smartphone RAM 6 GB

Nokia 8 menjadi salah satu smartphone yang paling dinantikan pada 2017 dan akan menjadi pesaing serius smartphone Android lainnya yang ada di pasar, salah satunya adalah Huawei Mate 9 Pro. Di antara kedua smartphone ini, siapa yang lebih unggul?

Nokia 8 vs Huawei Mate 9 Pro: 6GB RAM showdown

Nokia 8 vs Huawei Mate 9 Pro – Perbandingan spesifikasi

Sebelum kita mulai, perlu diketahui bahwa Huawei Mate 9 Pro tersedia dalam dua pilihan RAM yaitu 4 GB dan 6 GB. Dalam perbandingan ini, kami hanya libatkan varian RAM 6 GB saja. Nokia 8 kabarnya akan diperkuat chipset Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz, sedangkan pesaingnya dibekali chipset Kirin 960 octa-core 2,4 GHz. Kedua chipset ini adalah yang tertangguh dari Qualcomm dan HiSilicon. Menariknya, keduanya sama-sama dipadukan dengan Ram 6 GB. Nah, dengan dukungan prosesor 8 otak dan RAM 6 GB, performa keduanya dipastikan sangat lancar.

Beralih ke sektor fotografi. Nokia 8 kabarnya akan memiliki kamera utama 24 MP dan kamera depan 12 MP. Kamera utamanya bahkan akan didukung OIS dan Super EIS serta kemampuan merekam video 4K. Di sisi lain, Huawei Mate 9 Pro dilengkapi kamera utama ganda generasi kedua dari Leica, terdiri dari sensor hitam putih 20 MP + sensor warna 12 MP, serta kamera depan 8 MP. Dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini mampu menghasilkan foto yang menawan, cerah, dan tajam.

Nokia 8 vs Huawei Mate 9 Pro: 6GB RAM showdown

Lebih lanjut, Nokia 8 akan hadir dengan layar 5,7 inci Quad HD. Di sisi lain, layar Huawei Mate 9 Pro juga beresolusi Quad HD, namun berukuran 5,5 inci dan terdapat dua sisi lengkung. Terkait media penyimpanan, Nokia 8 dengan Ram 6 GB menawarkan dua pilihan memori internal yaitu 64 GB dan 128 GB, sedangkan pesaingnya hanya satu varian saja yaitu 128 GB. Dua hal yang dapat kita jumpai pada keduanya adalah Android 7.0 Nougat dan pemindai sidik jari. Nah, meskipun keduanya memiliki spesifikasi mutakhir, namun keduanya juga memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda.

Nokia 8 vs Huawei Mate 9 Pro – Harga

Dengan spesifikasi tersebut di atas, harga Nokia 8 dipastikan tidak akan murah, diprediksi lebih dari $700 atau Rp 9,5 juta. Sementara itu, Huawei Mate 9 Pro dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB ditawarkan sekitar $775 atau Rp 10,5 juta. Kita perlu menanti ajang MWC 2017 untuk mengetahui apakah Nokia 8 akan benar-benar lahir ke pasar smartphone. Bila ya, maka kedua smartphone ini akan bersaing ketat di kelas premium.