Nokia 7 Plus vs Oppo R15 Dream Mirror Edition: RAM 6 GB, Dual 20 MP …

Nokia 7 Plus vs Oppo R15 Dream Mirror Edition adalah pertarungan yang akan kami bahas dalam artikel ini. Keduanya juga masih baru. Nah, mana yang sebaiknya kalian beli? Mari kita cari tahu bersama.

Nokia 7 Plus vs Oppo R15 Dream Mirror Edition – Perbandingan spesifikasi

Seperti disebutkan di atas, keduanya adalah smartphone yang masih sangat baru. Nokia 7 Plus memulai debutnya di MWC 2018 dan kini sudah dapat dipesan di China. Sementara itu, Oppo R15 Dream Mirror Edition baru diperkenalkan di paruh kedua Maret 2018. Berbicara performa, keduanya sama-sama diperkuat chipset Qualcomm Snapdragon 660 octa-core 2,2 GHz yang dipadukan dengan RAM 6 GB. Performanya tentu berimbang. Perlu diketahui bahwa Nokia 7 Plus juga hadir dalam varian RAM 4 GB. Keduanya juga menjalankan Android Oreo dan memiliki pemindai sidik jari yang terletak di sisi belakang.

Nah, mari kita lihat perbedaannya. Nokia 7 Plus menjadi smartphone pertama Nokia dengan desain layar penuh. Sementara itu, R15 Dream Mirror Edition adalah smartphone pertama Oppo yang mengadopsi poni seperti iPhone X. Layar Nokia 7 Plus berjenis IPS LCD dengan bentang 6 inci resolusi Full HD+, dan rasio 18 : 9. Di sisi lain, layar pesaingnya berjenis AMOLED dengan bentang 6,28 inci, resolusi Full HD+, dan rasio 19 : 9. Dengan layar AMOLED, gambar yang dihasilkan smartphone Oppo tersebut lebih hidup. Lebih lanjut, meski sama-sama menjalankan Android Oreo, Nokia 7 Plus tidak memiliki antarmuka seperti R15 Dream Mirror Edition yang menjalankan ColorOS 5.0.

Untuk media penyimpanan, Nokia 7 Plus menawarkan memori internal 64 GB, setengah dari memori internal 128 GB milik pesaingnya. Meski demikian, kapasitas keduanya masih dapat ditambah melalui kartu microSD. Dari sektor fotografi, Nokia 7 Plus dibekali kamera belakang ganda (12 MP + 13 MP) yang mendukung perbesaran optik 2 kali serta kamera depan 16 MP. Di sisi lain, Oppo R15 Dream Mirror Edition dibekali kamera belakang ganda (16 MP + 20 MP) dan kamera depan 20 MP. Tampaknya kamera smartphone Oppo tersebut lebih menggiurkan. Terkait sumber energi, Nokia 7 Plus ditenagai baterai 3800 mAh, lebih besar dari baterai 3400 mAh milik pesaingnya.

Nokia 7 Plus vs Oppo R15 Dream Mirror Edition – Harga

Di China, Nokia 7 Plus varian RAM 6 GB dijual dengan harga 2499 Yuan (Rp 5,3 juta), lebih mahal dari Oppo R15 Dream Mirror Edition yang dijual dengan harga 3299 Yuan (Rp 7 juta). Meski lebih mahal, kami akui smartphone Oppo tersebut memiliki beberapa keunggulan, mulai dari desain, memori internal, dan kamera. Namun, Nokia 7 Plus tidak mengecewakan kita karena hadir dengan performa tangguh, kamera menawan, dan baterai besar. Jadi, mana yang kalian pilih?