Nokia 6 vs Motorola Moto G5 Plus: Perang Smartphone RAM 4 GB

Nokia 6 vs Moto G5 Plus adalah pertarungan dua smartphone dari merek legendaris yaitu Nokia dan Motorola. Keduanya dipersiapkan untuk bersaing di kelas menengah. Namun, siapa yang lebih unggul? Mari kita cari tahu bersama.

Nokia 6 vs Moto G5 Plus - Nokia 6

Nokia 6 vs Motorola Moto G5 Plus – Perbandingan spesifikasi

Mari kita bandingkan keduanya dalam hal performa terlebih dahulu. Nokia 6 dibekali chipset Snapdragon 430 octa-core 1,4 GHz dan RAM 4 GB. Di sisi lain, Moto G5 Plus akan diperkuat chipset Snapdragon 625 octa-core 2,0 GHz dipadukan dengan RAM 4 GB. Meskipun sama-sama memiliki RAM 4 GB, dengan chipset yang lebih baik, performa Moto G5 Plus lebih tangguh dari pesaingnya. Selain performa, Moto G5 Plus juga lebih unggul dalam hal sumber energi. Smartphone tersebut kabarnya ditenagai baterai 3100 mAh, sedangkan Nokia 6 dibekali baterai 3000 mAh.

Sementara itu, Nokia 6 mampu mengalahkan pesaingnya dalam hal kemampuan fotografi dan kapasitas media penyimpanan. Seperti diketahui, Nokia 6 hadir dengan kamera utama 16 MP dan kamera depan 8 MP. Di sisi lain, menurut kabar terbaru, Moto G5 Plus akan dilengkapi kamera utama 12 MP dan kamera depan 5 MP. Lebih lanjut, Nokia 6 memiliki memori internal 64 GB, dua kali lebih besar dari memori internal 32 GB pada pesaingnya.

Nokia 6 vs Moto G5 Plus - Moto G5 Plus

Ternyata, baik Nokia 6 maupun Moto G5 Plus juga memiliki persamaan. Pada bagian depan, terdapat layar 5,5 inci beresolusi Full HD. Di sebelah bawah layarnya terdapat tombol home fisik yang ditanamkan pemindai sidik jari. Keduanya juga dibekali slot microSD card untuk menambah kapasitas memori internalnya. Yang terakhir, Nokia 6 dan Moto G5 Plus menjalankan Android 7.0 Nougat. Sebagai kesimpulan, Moto G5 Plus lebih unggul dalam hal performa dan baterai, namun Nokia 6 membalasnya dengan kemampuan fotografi lebih baik serta memori internal lebih besar.

Nokia 6 vs Motorola Moto G5 Plus – Harga dan ketersediaan

Harga Nokia 6 adalah $245 atau Rp 3,3 juta. Smartphone ini sudah dapat dipesan pada flash sale yang diadakan pada bulan ini. Di sisi lain, Moto G5 Plus diprediksi akan hadir pada MWC 2017 dengan harga sekitar $300 atau Rp 4 juta, Cukup wajar harganya lebih mahal karena menggunakan chipset yang lebih tangguh. Nah, smartphone mana yang lebih kaliansukai?