Nokia 3 vs Sony Xperia XA1: Kamera 23 MP + Android 7.0 Nougat

Nokia 3 vs Sony Xperia XA1 adalah varian termurah dari beberapa smartphone yang diperkenalkan oleh Nokia vs Sony di MWC 2017. Keduanya memiliki banyak hal menarik sehingga kami membandingkan keduanya dalam artikel ini. Mari kita ikuti bersama.

Nokia 3 is official

Nokia 3 vs Sony Xperia XA1 – Spesifikasi

Kalian mungkin sudah mengetahui bahwa Nokia 3 vs Sony Xperia XA1 adalah dua smartphone dari kelas yang berbeda. Namun, keduanya memiliki beberapa persamaan. Keduanya hadir dengan layar 5 inci beresolusi 720 x 1280 piksel (HD). Selain itu, baik Nokia 3 maupun Sony Xperia XA1 menjalankan sistem operasi terbaru dari Google yaitu Android 7.0 Nougat. Menariknya, kita juga tidak dapat menjumpai pemindai sidik jari pada kedua smartphone tersebut. Inilah tiga persamaan utama yang dapat kita jumpai pada Nokia 3 dan Sony Xperia XA1.

Kali ini, mari kita cermati perbedaannya. Menjadi jantung keduanya adalah chipset MediaTek namun dengan seri yang berbeda. Nokia 3 diperkuat chipset MediaTek MT6737 quad-core 1,3 GHz dipadukan dengan RAM 2 GB, sedangkan Sony Xperia XA1 diperkuat chipset Helio P20 octa-core 2,3 GHz dipadukan dengan RAM 3 GB. Untuk keperluan menyimpan data, Nokia 3 menawarkan memori internal 16 GB, setengah dari memori internal pesaingnya yang berkapasitas 32 GB. Bila kalian berpikir belum cukup, kalian dapat menambahnya dengan microSD card.

Nokia 3 vs Sony Xperia XA1

Beralih ke sektor fotografi. Nokia 3 hadir dengan kamera utama 8 MP (f/2.0), sedangkan Sony Xperia XA1 hadir dengan kamera utama 23 MP dengan diafragma f/2.0, Hybrid AF, dan SteadyShot. Untuk berfoto selfie, keduanya menawarkan kamera depan 8 MP (F/2.0). Namun, kualitas kamera depan Sony Xperia XA1 lebih baik karena didukung SteadyShot. Sampai di sini, sangat jelas bahwa Sony Xperia XA1 jauh lebih unggul dari Nokia 3. Sayangnya, smartphone Sony tersebut ditenagai baterai 2300 mAh saja, lebih kecil dari baterai Nokia 3 yang berkapasitas 2650 mAh.

Nokia 3 vs Sony Xperia XA1 – Harga dan ketersediaan

Harga Nokia 3 berkisar $147 atau Rp 2 juta. Sementara itu, harga Sony Xperia XA1 dilaporkan berkisar $300 atau Rp 4 juta. Kedua smartphone ini akan tersedia mulai kuartal kedua tahun ini. Bila kalian gemar fotografi, Sony Xperia XA1 jelas menjadi pilihan yang tepat. Namun, bila kalian mencari smartphone yang lebih murah dengan spesifikasi yang cukup baik, pilihlah Nokia 3. Nah, mana smartphone yang menjadi pilihan kalian?