Nokia 2 vs Xiaomi Redmi 5A: 5 inci, 13 MP, 3000 vs 4100 mAh

Di tengah persaingan smartphone dengan fitur canggih, masih ada saja produsen ternama yang menghadirkan smartphone murah dengan spesifikasi sedeerhana. Hal inilah yang dilakukan Xiaomi dan Nokia. Nah, pada artikel ini, mari kita bandingkan dua smartphone murah terbaru dari kedua produsen tersebut, Nokia 2 vs Xiaomi Redmi 5A, untuk mengetahui mana yang lebih layak dimiliki.

Nokia 2 vs Xiaomi Redmi 5A – Desain dan spesifikasi

Mari kita muai dengan mencermati sisi depannya. Baik Nokia 2 mauun Xiaomi Redmi 5A hadir dengan layar 5 inci beresolusi 720 x 1280 piksel (HD). Di sebelah atas layarnya terdapat kamera 5 MP untuk berfoto selfie. Bila dilihat dengan teliti, ada sedikit perbedaan letak tiga tombol kapasitif. Pada Nokia 2, ketiga tombol tersebut terletak di dalam layar. Sementara itu, seperti smartphone pada umumnya, Xiaomi Redmi 5A memiliki tiga tombol kapasitif yang terletak di bezel bawah.

Selanjutnya, mari kita cermati prosesor, RAM, dan ROM. Nokia 2 diperkuat chipset Snapdragon 212 quad-core 1,3 GHz. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 1 GB dan memori internal 8 GB (didukung slot kartu microSD khusus yang terpisah dari dua slot kartu SIM). Di sisi lain, Xiaomi Redmi 5A diperkuat chipset Snapdragon 425 quad-core 1,4 GHz. Kapasitas RAM dan ROM nya dua kali lebih besar dari Nokia 2. Lebih tepatnya, Xiaomi Redmi 5A dibekali RAM 2 GB dan ROM 16 GB (didukung slot kartu microSD hybrid dengan slot kartu SIIM 2). Dalam hal tiga hal ini, Nokia 2 kalah telak dari Xiaomi Redmi 5A.

Beralih ke sisi belakang. Xiaomi Redmi 5A terlihat seperti smartphone pada umumnya dengan dua garis antena horizontal. Sementara itu, kita tidak menjumpai adanya garis antena pada sisi belakang Nokia 2. Untuk memotret pemandangan, Nokia 2 dan Xiaomi Redmi 5A masing-masing menawarkan kamera utama 8 MP dan 13 MP yang didukung LED flash. Sistem operasi yang dijalankan keduanya Android 7 Nougat. Nah, hal paling menarik adalah terkait sumber energi. Nokia 2 ditenagai baterai 4100 mAh, lebih besar dari baterai 3000 mAh milik Xiaomi Redmi 5A. Cukup disayangkan, keduanya tidak dilengkapi pemindai sidik jari.

Nokia 2 vs Xiaomi Redmi 5A – Harga

Dari perbandingan spesifikasi di atas, terlihat jelas bahwa Nokia 2 harus mengakui keunggulan Xiaomi Redmi 5A dalam beberapa hal. Namun, berkat baterai 4100 mAh, Nokia 2 memiliki durasi pemakaian yang lebih lama. Bagaimana dengan harganya? Nokia 2 dijual dengan harga sekitar $115 (Rp 1,55 juta), sedangkan harga Xiaomi Redmi 5A berkisar $90 (Rp 1,2 juta). Setelah melihat perbandingan spek dan harga ini, kami menilai Xiaomi Redmi 5A tetap lebih diminati banyak orang. Di sisi lain, daya tahan baterai yang lama menjadi nilai jual utama dari Nokia 2. Bagaimana menurut kalian?