Nokia 11: 5,7 inci, ROM 256 GB, Dual 16 MP, Layak Dinanti

Di tahun 2018, kita akan menyambut kelahiran berbagai smartphone premium terbaik, salah satunya kemungkinan adalah Nokia 11. Ingin tahu lebih lanjut terkait Nokia 11? Ikuti pembahasan kami di bawah ini.

Nokia 11..

Nokia 11 – Spesifikasi

Nokia 11 tampaknya menjadi salah satu smartphone terbaik Nokia yang akan diluncurkan HMD Global tahun depan. Beberapa informasi awal terkait Nokia 11 mulai terkuak. Layarnya berukuran 5,7 inci dengan resolusi minimal 1440 x 2880 piksel (Quad HD+). Hal ini berarti Nokia 11 akan hadir dengan desain bezel-less. Menjadi jantungnya adalah chipset Snapdragon 845 yang juga akan digunakan Samsung Galaxy S9, LG G7, Xiaomi Mi 7, dan banyak lagi.

Lebih lanjut, Nokia 11 akan tersedia dalam dua varian. Varian pertama dibekali RAM 4 GB dan ROM 64 GB, sedangkan varian kedua hadir dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Ada pula rumor bahwa akan tersedia varian dengan ROM 256 GGB. Tiap varian akan dilengkapi slot kartu microSD untuk menambah kapasitas memori internalnya. Beralih ke sektor fotografi. Ketika kalian melihat modul kamera belakangnya, kalian pasti akan teringat dengan smartphone Motorola. Di dalam modul tersebut kabarnya terdapat kamera ganda yang salah satunya beresolusi 16 MP. Sementara itu, untuk berfoto selfie, akan terdapat kamera depan dengan resolusi minimal 13 MP.

Sistem operasi yang dijalankannya sudah pasti Android 8 Oreo yang dapat diperbaharui ke Android P seperti smartphone Nokia yang telah meluncur tahun ini. Karena berdesain bezel-less, pemindai sidik jari akan diletakkan di sisi belakang. Sebagai sumber energinya adalah baterai berkapasitas minimal 3300 mAh. Nah, yang menjadi pertanyaan adalah apakah Nokia 11 akan bersertifikasi IP68. Hal ini cukup wajar ditanyakan banyak orang karena beberapa smartphone premium saat ini seperti Samsung Galaxy Note 8, LG V30, HTC U11 Plus, serta Sony Xpereia XZ1 bersertifikasi IP68. Yang terakhir, Nokia 11 akan tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu hitam, putih, dan merah.

Nokia 11 – Harga dan peluncuran

Nokia 11 adalah smartphone premium Nokia yang layak dinantikan selain Nokia 9 dan Nokia 10. Tentunya, kita perlu menanti hingga tahun depan untuk melihat wujud sesungguhnya. Sayangnya, informasi terkait waktu peluncuran serta perkiraan harganya masih belum dibocorkan. Dengan spesifikasi di atas, kami memprediksi harga Nokia 11 minimal $800 atau Rp 11 juta. Bagaimana menurut kalian?