Microsoft Akan Memberhentikan 7.800 Karyawannya

Beberapa pekan ini, beredar kabar bahwa Microsoft akan beralih menggunakan Android dan akan segera menerapkannya pada smartphone produksi Microsoft di kemudian hari. Lebih lanjut, kabar tersebut juga menyebutkan bahwa Microsoft akan memotong dana sekitar $7,6 miliar (Rp 101 triliun) untuk divisi smartphone agar divisi tersebut dapat segera dijual kepada pihak lain.

images

Microsoft juga berencana untuk memberhentikan 7.800 karyawannya yang sebagian besar berasal dari divisi smartphone. Sebagai akibat dari kebijakan ini, Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menghapus nilai akuisisi sebesar $7,6 miliar (Rp 101 triliun) atas divisi yang dulu dibeli dari Nokia. Para investor menyambut baik kebijakan ini dan menganggap Microsoft sedang menyingkirkan divisi yang selama ini tidak memberi hasil yang positif bagi Microsoft untuk bersaing di pasar smartphone.

This photo taken July 3, 2014 shows the Microsoft Corp. logo outside the Microsoft Visitor Center in Redmond, Wash. (AP Photo Ted S. Warren) ORG XMIT: WATW202
This photo taken July 3, 2014 shows the Microsoft Corp. logo outside the Microsoft Visitor Center in Redmond, Wash. (AP Photo Ted S. Warren) ORG XMIT: WATW202

Salah satu hal yang mungkin dapat menghalangi Microsoft untuk melakukan perubahan pada divisi smartphone tersebut adalah rencana Microsoft yang akan segera merilis smartphone terbarunya yang menggunakan sistem operasi Windows 10. Smartphone yang dijadwalkan akan hadir pada bulan September 2015 ini akan memiliki fitur-fitur tambahan yang sudah terlebih dahulu diterapkan pada smartphone yang menggunakan Android dan IOS.

Ini merupakan pemberhentian karyawan secara massal untuk kedua kalinya sejak Microsoft dipimpin oleh Satya Nadella. Tahun 2014, Microsoft melakukan pemutusan hubungan kerja 18.000 karyawannya sebagai dampak dari akuisisi divisi smartphone Nokia.