Mengapa Smartphone Dengan ROM 16GB Mulai Hilang dari Pasar?

Pernahkah kalian bertanya mengapa smartphone dengan ROM 16GB semakin kurang populer di pasar? Silahkan baca artikel ini agar mendapatkan jawabannya.

16GB-ROM-phones-hihi-e1472024702873

Smartphone dengan ROM 16GB – Tidak sesuai keinginan konsumen

Alasan yang pertama adalah smartphone dengan memori internal 16 GB tidak memiliki ruang yang cukup untuk sistem operasi dan berbagai aplikasi. Mari kita ingat kembali ketika smartphone baru pertama kali hadir. Pada saat itu, memori internal 16 GB sangat besar karena sistem operasinya sangat sederhana dan tidak memerlukan memori yang besar. Namun, kini Android, iOS, dan Windows semakin tangguh dan memiliki banyak fungsi, sehingga membutuhkan memori yang besar. Ukuran aplikasi juga semakin besar karena memiliki banyak fitur.

Kedua, para konsumen banyak menyimpan konten multimedia seperti foto dan video. Mereka juga mengunduh banyak lagu serta video dan kemudian menyimpannya pada smartphone. Smartphone dengan memori internal 16 GB tanpa slot microSD card tentu sangat tidak dimungkinkan untuk penikmat konten multimedia. Meskipun smartphone tersebut memiliki slot microSD card, penggunanya perlu memindahkan data dari smartphone ke microSD card.

16GB-ROM-phones-e1472024740781

Ketiga, banyak produsen menghilangkan slot microSD card agar smartphone terlihat lebih tipis. Sebagai penggantinya, smartphone tersebut harus dibekali memori internal besar. Sebagai hasilnya, smartphone dengan memori internal 16 GB tidak lagi menjadi pilihan utama dari para produsen.

Smartphone dengan memori internal 16 GB – Kalah dalam persaingan

Yang terakhir, smartphone dengan memori internal 16 GB tentu kalah bersaing di pasar yang banyak diramaikan smartphone papan atas. Jumlah produsen smartphone terus meningkat, diperkirakan sekitar 30 produsen saat ini. Semuanya bersaing ketat untuk menjadi yang lebih baik dari yang lainnya. Kini sudah hadir smartphone dengan memori internal 256 GB. Hal ini yang membuat jumlah smartphone dengan memori internal 16 GB semakin sedikit. Kemungkinan besar smartphone tersebut tidak aka nada lagi di pasar dalam waktu dekat ini.