Mengapa Harga Smartphone Apple Lebih Mahal dari Samsung?

Sebagian di antara kita mungkin bertanya mengapa harga smartphone Apple lebih mahal dari Samsung. Nah, untuk mendapatkan jawabannya, silahkan baca ulasan singkat kami di bawah ini.

Harga smartphone Apple lebih mahal dari Samsung

Menurut laporan yang dirilis oleh Strategy Analytics pada 5 Mei 2017, harga jual smartphone Apple dan Samsung cukup berbeda jauh. Pada kuartal keempat tahun lalu, perbedaan harga smartphone Apple dan Samsung meningkat hingga $400 atau sekitar Rp 5,2 juta. Perlu dicatat, bahwa Samsung Galaxy S8 tidak termasuk dalam laporan tersebut karena smartphone ini baru meluncur pada kuartal pertama tahun ini.

Pada periode Oktober – Desember 2016, harga rata-rata smartphone Apple yang dapat terhubung ke jaringan 4G LTE adalah $692 atau Rp 9,35 juta). Sementara itu, harga rata-rata smartphone Samsung mulai dari $227 atau Rp 3 jutaan. Pada saat yang sama, Apple iPhone 7 sukses meramaikan pasar, sedangkan Samsung Galaxy Note 7 gagal memukau para penggemarnya karena kasus ledakan baterai. Perbedaan di antara kedua produsen smartphone ini akan terus melebar, seperti yang ditambahkan Strategy Analytics.

Smartphone Apple

Apple terus memfokuskan bisnisnya di segmen smartphone premium dan produsen tersebut mempertahankan harga jual smartphone-nya sekitar $600 sejak 2012. Nah, harga smartphone Apple saat ini menyentuh $700 atau sekitar Rp 9,5 juta. Di sisi lain, Samsung telah menurunkan harga smartphone termurahnya dari $438 di 2012 menjadi sekitar $200 saat ini. Selain segmen premium, Samsung juga berfokus ke segmen smartphone kelas menengah, dengan meluncurkan keluarga Galaxy J, Galaxy A, dan Galaxy C.

Mengapa Harga Smartphone Apple Lebih Mahal dari Samsung?

Secara umum, harga jual smartphone Apple lebih tinggi dari Samsung dikarenakan perbedaan strategi penjualan dari kedua produsen tersebut. Seperti yang disebutkan, Apple lebih berfokus pada pengembangan smartphone premium, sedangkan Samsung berfokus untuk mengembangkan smartphone kelas menengah. Tampaknya Samsuung sukses menarik perhatian konsumen dari berbagai kelas, sehingga jumlah penggunanya lebih banyak. Nah, smartphone Apple atau Samsung yang lebih kalian sukai?