Review Lenovo S580 – Snapdragon Quad Core dengan Layar HD 5 inci

Di Indonesia, ponsel Lenovo S580 sudah dapat Anda beli melalui situs Lazada, mulai dari Rabu minggu ini dengan harga 1,3 juta-an rupiah saja. Lenovo S580 merupakan perangkat tangan (handset) bertenaga quad core yang dikemas dengan chipset snapdragon 200 dari qualcomm berkecepatan 1.2GHz. Perangkat dual SIM ini hadir dengan RAM 1 GB dan ruang penyimpanan 8 GB. Sayangnya, Android yang mengoperasikan ponsel ini bukan yang terbaru, yaitu Android OS 4.3 Jellybean.

Beli Lenovo S580 -RP 1.349.000 ->> http://ow.ly/MSH6F

Lenovo S580

Isi dalam Kardus

Di dalam kardus Anda akan mendapati si handset S580, pelindung layar, tempat dudukan ponsel, buku panduan, kertas informasi garansi, earphone standar, alat cas untuk bepergian, baterai 2150 mAh dan kabel data. Tercantum pula tulisan SAR (standard ukuran radiasi yang dapat diserap oleh kepala dan badan ketika menggunakan handphone) pada kardus: 0.44 W/kg @kg head dan 0.31 W/kg @1g body. Selain itu, khusus pembelian melalui situs Lazada, Anda akan mendapatkan casing pelindung GRATIS sebagai bonus dengan pilihan warna sesuai persediaan.

Beli Lenovo S580 -RP 1.349.000 ->> http://ow.ly/MSH6F

Lenovo S580

Desain, Tampilan, and OS
Bobot Lenovo S580 cukup ringan, yaitu 129 gram. Pada sisi bagian belakang terdapat ukiran dengan sentuhan berbahan kain. Kualitas rakitan dan sentuhan akhirnya cukup bagus. Perangkat secara keseluruhan telah dirakit dengan baik, terasa mantap dan sangat nyaman digenggam. Adapun ukuran dimensi ponsel ini adalah 13,9 x 6,9 x 0,8 (cm).

Tombol volume dan tombol pengatur pengeras suara ada pada sisi sebelah kanan. Panjang speaker adalah 3,5mm dan tempat meletakkan USB ada pada sisi atas, sedangkan mic ada pada bagian bawah ponsel.

S580 didukung oleh layar LCD TFT 5 inci dengan resolusi 1280 x 700 piksel. Kualitas layar sangat bagus, dengan reproduksi warna – warna yang indah serta respon layar sentuhnya juga sangat baik. Tampak layar dari berbagai sudut pandang juga terlihat oke.

Beli Lenovo S580 -RP 1.349.000 ->> http://ow.ly/MSH6F

Sayangnya, handset ini masih beroperasi dengan Android seri lama, yaitu 4,3 Jellybean dengan tampilan antarmuka yang masih bisa dikostumisasi. Meskipun Lenovo telah menyebutkan bahwa perangkat tersebut akan mendapatkan update KitKat, saya rasa sudah saatnya mereka segera memperbaharuinya.

Tidak ada lampu LED untuk notifikasi, tombol navigasi juga tidak menggunakan lampu, hanya ada 3 jenis sensor yaitu accelerometer, light , dan proximity.

Berorientasi di jaringan GSM, smartphone ini siap memberi Anda pilihan untuk gonta-ganti kartu SIM dengan mudah. Perangkat ini memiliki 2 jenis kartu normal. Kartu SIM tempat pertama mendukung jaringan 3G sementara yang satunya 2G.

Lenovo S580

Memori dan Kapasitas Penyimpanan
Adapun kapasitas penyimpanan adalah RAM 1 GB, ruang penyimpanan 8 GB, dan terdapat pula tambahan tempat kartu penyimpanan eksternal. Pada update yang pertama Anda akan mendapatkan RAM gratis sebesar 505 MB dan sekitar sisa 5,2 GB untuk penggunaan aplikasi / penyimpanan internal. Bila Anda menggunakan kartu penyimpanan eksternal Anda dapat menginstal apliaksi yang sudah disediakan pada penyimpanan eksternal.

Kinerja
Perangkat ini menggunakan prosesor quad core, yaitu qualcomm snapdragon 200 MSM8610 cortex A7 dengan kecepatan 1,2GHz dengan seri grafik (GPU) Adreno 305. Laju penggunaan cukup lancar, namun kami tidak merekomendasikannya untuk keperluan bermain game.

Hasil Tes Benchmark

Aplikasi Hasil
Quadrant 7756
Antutu 15144
Vellamo Metal (526) Multi core (1002) Browser (1205)
Nenamark 2 32.6fps
Multi Touch 5 poin

 

Beli Lenovo S580 -RP 1.349.000 ->> http://ow.ly/MSH6F

lenovo-s580Kamera dan Hiburan
Terdapat kamera AF 8MP pada bagian belakang ponsel dengan lampu flash LED dan kamera 2MP pada bagian depan. Penggunaan kamera dengan posisi kamera dengan tangan yang tidak terlalu goyang mempunyai kualitas yang cukup baik, namun ada saat dimana kamera tidak mampu menghasilkan fokus yang baik dan kualitas video (720p pada 30fps) tidak terlalu bagus. Silahkan simak beberapa contoh hasil gambar dan video pada akhir artikel ini. Anda dapat memutar video 1080p baik dengan mode H/W maupun S/W menggunakan MX player.

Permainan
Untuk mengetes kebolehan ponsel ini dalam hal permainan, saya mencoba bermain balap mobil Asphalt 8, yang kebetulan sudah terpasang pada penyimpanan memori eksternal. Game tersebut dimainkan dengan mode kualitas visual yang paling tinggi, namun ada sedikit lag dan terkadang sulit untuk mengontrol mobil. Namun ketika saya mengubah pengaturan kualitas visual menjadi mode visual yang lebih rendah, maka masalah diatas pun teratasi.

Lainnya
Ponsel ini dilengkapi dengan konektivitas GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, Bluetooth dan Wi-Fi. Perangkat ini juga memiliki fitur Wi-Fi hotspot yang memungkinkan Anda membagikan koneksi internet ke perangkat lain. Tidak ada masalah pada layanan 3G, Wi-Fi, Bluetooth and GPS (lock GPS cukup cepat). Kualitas suara pun jernih dan lantang.

Baterai
Adapun kapasitas baterai pada ponsel ini adalah sebesar 2150 mAh, baterai ini dapat dicopot pasang dan kira-kira 3 hingga 5 jam cadangan baterai tersedia dengan pemakaian aplikasi sedang hingga berat.

Lenovo S580

Tugas Waktu Baterai lemah (%) (temperatur maksimal)
Membuka aplikasi benchmark 23 menit 10% (38)
HD video playback dengan Wi-Fi terpasang + tingkat terang maksimal 17 menit 7% (37)
Permainan Asphalt 8 16 menit 6% (37)
Cas penuh dibawah 3 jam 15% to 100%

Keputusan

Lenovo S580 berasal dari merek yang ternama, ponselnya tergolong bagus dan bobotnya pun ringan. Namun komponen hardware-nya memang belum begitu mumpuni, cadangan baterai pun masih tergolong rata-rata dan menimbang dari segi harga yang dijual 1,3 juta-an rupiah maka ponsel ini belum begitu menguntungkan. Ada pilihan yang lebih baik yang tersedia di pasaran untuk harga serupa.

Beli Lenovo S580 -RP 1.349.000 ->> http://ow.ly/MSH6F

Galeri Gambar