iPhone 8 vs Galaxy S8: Quad HD, RAM 4 GB, Perang Kamera 12 MP ….

iPhone 8 vs Galaxy S8 adalah pertarungan seru yang sama-sama memiliki angka 8 pada namanya. Menurut kalian, di antara keduanya, mana yang lebih layak untuk dibeli? Mari kita cari tahu bersama.

iPhone 8 vs Galaxy S8

Apple iPhone 8 vs Samsung Galaxy S8 – Perbandingan spesifikasi

Kita mulai dengan membahas layarnya. Samsung Galaxy S8 hadir dengan layar Super AMOLED 5,8 inci beresolusi 1440 x 2960 piksel. Seperti diketahui, smartphone ini mengusung konsep Infinity Display, di mana layarnya diapit bezel atas dan bawah yang sangat tipis. Lebih lanjut, sisi kiri dan kanan layarnya juga melengkung, membuatnya terlihat lebih menawan. Sementara itu, Apple iPhone 8 hadir dengan layar Retina 4,7 inci beresolusi 750 x 1334 piksel. Seperti smartphone pada umumnya, layar iPhone 8 masih diapit bezel yang cukup tebal.

Dalam hal performa, Galaxy S8 diperkuat chipset Snapdragon 835 yang dipadukan dengan RAM 4 GB, sedangkan iPhone 8 dibekali chipset Apple A11 Bionic yang dipadukan dengan RAM 2 GB. Meski dengan RAM yang lebih kecil, performa iPhone 8 tetap lebih tangguh. Untuk media penyimpanan, Galaxy S8 memiliki memori internal 64 GB saja, sedangkan iPhone 8 menawarkan memori internal 64 GB dan 256 GB. Bila kalian memerlukan media penyimpanan yang lebih luas, Galaxy S8 lebih cocok karena terdapat slot kartu microSD untuk menambah kapasitas memori internalnya.

Beralih ke sektor fotografi. Galaxy S8 dilengkapi kamera utama 12 MP dan kamera depan 8 MP, sedangkan iPhone 8 dilengkapi kamera utama 12 MP dan kamera depan 8 MP. Ya, baik Samsung dan Apple selalu menghadirkan smartphone papan atas dengan kamera berkualitas. Menariknya, keduanya sama-sama kedap air dan debu namun dengan sertifikasi yang berbeda: IP68 (Samsung) vs IP67 (Apple). Tak hanya itu, keduanya juga memiliki pemindai sidik jari yang terletak pada posisi berbeda: sebelah kanan kamera utama (Samsung) vs sebelah bawah layar (Apple). Nah, yang terakhir terkait sumber energi. Galaxy S8 ditenagai baterai 3000 mAh, jauh lebih besar dari baterai 1821 mAh milik iPhone 8.

Samsung Apple iPhone 8 vs Samsung Galaxy S8

Sangat jelas bahwa kedua smartphone ini sama-sama hadir dengan spek terbaik saat ini. Secara umum, Galaxy S8 lebih unggul dalam hal ketersediaan slot kartu microSD dan baterai lebih besar. Sementara itu, iPhone 8 lebih unggul dalam hal performa lebih tangguh. Nah, Bagaimana dengan harganya? Galaxy S8 ditawrkan sekitar $730 (Rp 9,8 juta), sedangkan harga iPhone 8 varian ROM 64 GB adalah $699 (Rp 9,4 juta). Harga keduanya berlaku untuk pasar America Serikat. Nah, mana yang menjadi pilihan kalian?