Inilah Smartphone PERTAMA di Dunia: Berat 0,5 kg, Baterai Tahan 1 Jam, ….

Kita sudah berada di era smartphone canggih dengan spesifikasi dan fitur menawan. Nah, apakah kalian tahu apa smartphone pertama di dunia? Jawabannya adalah IBM Simon. Kalian ingin tahu lebih lanjut? Ikutilah ulasan singkat di bawah ini.

IBM Simon – Smartphone pertama di dunia

Smartphone pertama di dunia tersebut merupakan hasil kolaborasi dua perusahaan asal Amerika Serikat yaitu IBM dan BellSouth. Smartphone ini lahir bukan pada tahun 2000-an, melainkan 1990-an. WOW!! Ya, IBM Simon memulai debutnya pada 23 November 1992 di acara EXPO COMDEX yang diadakan di Las Vegas. Perangkat ini cukup menarik perhatian banyak orang saat itu karena merupakan gabungan antara telepon seluler dan asisten digital pribadi (personal digital assistant atau PDA).

Bodinya memilliki bentuk kurus panjang namun cukup tebal. Panjangnya 200 mm, lebarnya 64 mm, dan lebarnya 38 mm. Pada sisi depannya ada layar monokrom dengan bentang 4,5 inci dan resolusi 160 x 293 piksel. Layarnya cukup kecil dengan panjang 114 mm dan lebar 36 mm. Di sebelah atas layarnya ada earpiece. Sementara itu, di sisi atas smartphone ini ada antena yang dapat ditarik naik dan didorong turun. IBM Simon memiliki berat 510 gram atau sekitar 0,5 kg. Cukup disayangkan, setelah smartphone ini di-charge, hanya dapat bertahan 1 jam saja.

Menariknya, IBM Simon menggunakan layar sentuh yang dapat dioperasikan dengan jari maupun stylus pen, mirip dengan keluarga Galaxy Note. Smartphone ini dibekali berbagai fitur, seperti penyimpanan nomor telepon, kalender, faximili, email, notepad, kalkulator, alarm, dan lainnya. Nah, yang membuatnya unik adalah IBM Simon dapat dihubungkan ke kabel telepon rumah, hal yang bahkan tidak dijumpai pada smartphone modern.

IBM Simon – Pelopor era smartphone

Sekedar info, pada 1992, IBM Simon tampil sebagai purwarupa. Smartphone tersebut baru dirilis ke pasar pada 1994. Harganya $899, sangat mahal pada masa itu. Selama enam bulan pertama, IBM Simon terjual 50,000 unit. Karena harganya mahal, smartphone iini tidak terlalu diminati banyak orang dan akhirnya berhenti diproduksi pada 1995. Wah, kita dapat menyebut IBM Simon sebagai pelopor era smartphone yang sudah semakin canggih. Apakah kalian pernah memilikinya?