Huawei P9 Plus vs Samsung Galaxy A9 Pro: Dua Phablet RAM 4 GB

Huawei P9 Plus dan Samsung Galaxy A9 Pro (2016) adalah dua phablet terbaru dari Huawei dan Samsung. Menurut kalian, siapa yang akan menjadi pemenangnya bila kami membandingkan keduanya?

Huawei P9 Plus vs Samsung Galaxy A9 Pro

Huawei P9 Plus vs Samsung Galaxy A9 Pro – Perang RAM 4 GB kelas internasional

Huawei P9 Plus vs Samsung Galaxy A9 Pro adalah dua phablet terbaru dengan RAM 4 GB yang diluncurkan oleh Huawei dan Samsung belum lama ini. Untuk persamaannya, kita dapat melihat bahwa keduanya memiliki RAM 4 GB, layar Super AMOLED beresolusi Full HD, sistem operasi Android Marshmallow dengan versi yang berbeda (6.0.1 untuk Samsung dan 6.0 untuk Huawei), slot microSD card untuk menambah kapasitas memori internal hingga 128 GB, kamera depan 8 MP dengan diafragma f/1.9, pemindai sidik jari, dan teknologi fast charging. Secara umum, keduanya adalah phablet yang mutakhir, namun kita harus menentukan pemenangnya.

Huawei P9 Plus dibekali layar 5,5 inci dengan tingkat densitas 401 ppi, chipset HiSilicon Kirin 955 octa-core 2,5 GHz, memori internal 64 GB, dua kamera utama masing-masing beresolusi 12 MP dengan lensa Leica dan diafragma f/2.2 yang didukung PDAF dan dua LED flash, teknologi 3D Touch, speaker stereo, USB port Type C, dan baterai 3400 mAh. Ya, semuanya adalah spesifikasi terbaik untuk smartphone saat ini, yang pastinya akan memberikan pengalaman yang menyenangkan ketika menggunakannya. Namun, tidak semuanya lebih baik dari Samsung Galaxy A9 Pro. Phablet Samsung ini memiliki layar yang lebih besar berukuran 6 inci serta baterai yang lebih besar berukuran 5000 mAh. Phablet ini dapat bertahan selama lebih dari 2 hari.

Huawei P9 Plus vs Samsung Galaxy A9 Pro

Spesifikasi lain dari Samsung Galaxy A9 Pro tampaknya sedikit kurang tangguh dari pesaingnya. Phablet ini hanya dibekali layar dengan tingkat densitas 367 ppi, chipset Snapdragon 652 octa-core, dan memori internal 32 GB. Selain itu, beberapa fitur terkini seperti teknologi 3D Touch, USB port Type C, dan speaker stereo tidak dimilikinya. Untuk kamera utamanya, kami tidak dapat memastikan apakah kamera utama 16 MP dengan diafragma f/1.9, autofocus, OIS, dan LED flash pada Samsung Galaxy A9 Pro sebagus dengan kamera utama Huawei P9 Plus. Namun demikian, kamera utama 16 MP juga tergolong cukup baik.

Huawei P9 Plus vs Samsung Galaxy A9 Pro – Harga dan ketersediaan

Bila dilihat spesifikasinya, Huawei P9 Plus sedikit lebih unggul dari Samsung Galaxy A9 Pro. Namun, bagaimana dengan harganya? Samsung Galaxy A9 Pro ditawarkan dengan harga $540 atau sekitar Rp 7 juta, sedangkan Huawei P9 Plus sekitar $845 atau Rp 11 juta, jauh lebih mahal dari phablet Samsung. Bila kalian mencari phablet dengan baterai besar dan harga lebih murah, Samsung Galaxy A9 Pro adalah pilihan yang tepat.