Huawei Mate X vs Samsung Galaxy Fold: RAM 12 GB, Triple 40 MP, Dan Lainnya …..

Dalam artikel ini, mari kita bandingkan dua smartphone dengan layar tekuk yang masih hangat dari dua merek besar. Keduanya adalah Huawei Mate X dan Samsung Galaxy Fold. Nah, siapa yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya, ikutilah perbandingan di bawah ini.Huawei Mate X vs Samsung Galaxy Fold

Huawei Mate X vs Samsung Galaxy Fold – Perbandingan spesfiikasi

Kedua smartphone ini sama-sama meluncur di bulan Februari 2019. Namun, Galaxy Fold lebih dulu lahir dalam sebuah acara khusus yang diselenggarakn Samsung di New York, Amerika Serikat. Sementara itu, Huawei Mate X menyusul beberapa hari kemudian pada MWC 2019 di Barcelona, Spanyol. Dalam kondisi tidak lipat, Samsung menawarkan layar Dynamic AMOLED berukuran 7,3 inci, sedangkan Huawei Mate X menawarkan layar AMOLED berukuran 8 inci.

Mekanisme pelipatan keduanya berbeda. Layar 8 inci pada Samsung Galaxy Fold dilipat ke dalam. Dalam kondisi terlipat, kita akan jumpai layar Super AMOLED 4,6 inci. Di sisi lain, layar 7,3 inci pada Huawei Mate X dilipat ke luar menjadi dua bagian. Satu berukuran 6,6 inci, sedangkan satu lagi berukuran 6,38 inci. Terkait performa, Samsung Galaxy Fold diperkuat chipset Snapdragon 855 yang dipadukan dengan RAM 12 GB, sedangkan Huawei Mate X mengandalkan chipset Kirin 980 yang dipadukan dengan RAM 8 GB. Untuk keperluan penyimpanan data, tiap smartphone menyediakan memori internal 512 GB. Sayangnya, hanya kapasitas memori internal Huawei Mate X yang dapat ditambah karena didukung slot kartu Nano Memory.huawei mate x

Dari sektor fotografi, Huawei Mate X menawarkan tiga kamera untuk berfoto selfie maupun memotret pemandangan. Ketiganya terdiri dari kamera utama 40 MP, kamera 16 MP dengan jangkaun sudut ultra lebar, serta kamera telefoto 8 MP. Di sisi lain, Samsung Galaxy Fold memiliki enam kamera. Untuk memotret pemandangan, disediakan tiga kamera terdiri dari kamera utama 12 MP, kamera telefoto 12 MP, dan kamera 16 MP dengan jangkaun sudut ultra lebar. Di sebelah atas layar 4,6 inci ada kamera 10 MP. Nah, di pojok kanan atas layar 7,3 inci terdapat kamera ganda (10 MP + 8 MP). Kedua smartphone ini sama-sama memiliki pemindai sidik jari yang berada di samping. Yang terakhir terkait sumber energi. Huawei Mate X ditenagai baterai 4500 mAh, sedikit lebih besar dari baterai 4380 mAh milik Samsung Galaxy Fold.

Huawei Mate X vs Samsung Galaxy Fold – Kesimpulan

Di Amerika Serikat, Samsung Galaxy Fold dijual seharga $1999 (Rp 28 juta). Di sisi lain, harga Huawei Mate X di Eropa adalah 2299 Euro (Rp 36 juta). Secara umum, pertarungan keduanya cukup ketat. Samsung Galaxy Fold lebih unggul dalam hal layar, performa, dan kamera. Sementara itu, Huawei Mate X lebih unggul dalam hal ketersediaan slot kartu Nano Memory dan kamera 40 MP. Menurut kalian, smartphone mana yang lebih unggul?