Google Hadirkan Android N Developer Preview Mulai Pekan Ini

Di saat sistem operasi pada berbagai smartphone sedang diperbaharui ke Android 6.0 Marshmallow, Google merilis versi Developer preview dari Android N. Hal ini tentu mengejutkan banyak orang.

HTC-One-M9-Plus-concept-4

Android N – “Makanan Penutup” menarik untuk kalian

Baru-baru ini, Google memperlihatkan versi Developer preview dari sistem operasi Android N kepada semua orang. Ya, sistem operasi terbaru ini hadir dengan sebuah huruf terlebih dahulu sebelum nama sesungguhnya diketahui pada saat resmi diluncurkan beberapa bulan mendatang. Menurut kalian, apa kira-kira nama sistem operasi terbaru ini, apakah Nutella atau ……? Kita akan mengetahui jawabannya nanti.

Salah satu hal baru yang dimiliki Android N adalah sistem operasi ini menyediakan fitur multi-window mode yang memungkinkan kalian menjalankan berbagai aplikasi dalam satu layar pada waktu yang bersamaan. Hal ini berarti kalian dapat melakukan multi tasking dengan lebih mudah. Nah, fitur multi-window ini tidak hanya dapat digunakan di smartphone, tetapi juga di tablet dan bahkan TV. Tujuan Google merilis Android N versi Developer preview ini adalah untuk memperkenalkan tampilan dan beberapa keunggulan dari sistem operasi terbarunya kepada para produsen smartphone.

android n - 1

Selain itu, ada banyak hal menarik lainnya dari Android N yang perlu kalian ketahui. Misalnya, kalian dimungkinkan untuk membalas pesan yang masuk secara langsung melalui notifikasi yang muncul di bagian atas layar, sehingga kalian tidak perlu meninggalkan aplikasi yang sedang digunakan dan masuk ke aplikasi dari pesan tersebut. Lebih lanjut, pesan masuk dari beberapa orang dan dari aplikasi yang sama akan digabungkan ke dalam satu notifikasi. Doze pada Android N juga telah diperbaharui, sehingga dapat menghemat penggunaan baterai smartphone lebih efektif.

Bagaimana cara untuk mengunduh Android N Developer preview?

Nah, bagaimana cara mengunduh Android N Developer preview? Google memang telah merilisnya, namun saat ini baru tersedia untuk Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, dan Nexus C. Perlu diingat versi Developer preview ini tidak untuk penggunaan sehari-hari karena masih terdapat banyak hal yang belum disempurnakan. Bila kalian ingin mencobanya, kalian dapat mengunjungi halaman Android N Developer preview. Nah, kita tentu berharap Android 7.0 N versi akhir akan dirilis secepatnya.