BlackBerry Priv vs BlackBerry KEYone: RAM 4 GB, Kamera 18 MP dan…..

Kali ini, saatnya kita membandingkan dua smartphone unik dari BlackBerry, Priv vs KEYone. Yang membedakan keduanya dari smartphone lainnya adalah adanya keyboard fisik. Nah, di antara keduanya, mana yang lebih unggul? Untuk mengetahuinya, silahkan ikuti ulasan kami di bawah ini.

BlackBerry Priv vs BlackBerry KEYone – Perbandingan spesifikasi

Di antara keduanya, Priv lahir terlebih dahulu pada Oktober 2015 sekaligus sebagai smartphone pertama BlackBerry yang menjalankan sistem operasi Android. Sementara itu, KEYone baru diperkenalkan tahun ini di MWC 2017. Seperti yang disebutkan di atas, kedua smartphone ini sama-sama memiliki keyboard QWERTY fisik. Namun, pada Priv, keyboard tersebut dapat digeser dan disembunyikan di bawah layar. Meski sudah memiliki keyboard fisik, kita masih dapat menjumpai tiga tombol kapasitif pada layar sentuhnya.

Dalam hal performa, Priv diperkuat chipset Snapdragon 808 hexa-core 1,8 GHz, sedangkan KEYone hadir dengan chipset Snapdragon 625 octa-core 2,0 GHz. Snapdragon 808 adaah chipset untuk smartphone papan atas yang lahir sekitar 2 tahun lalu, sedangkan Snapdragon 625 adalah chipset yang masih banyak digunakan smartphone kelas menengah hingga saat ini. Chipset tersebut juga dikenal hemat energi. Lebih lanjut, keduanya sama-sama tersedia dalam varian RAM 3 GB + ROM 32 GB. Namun, KEYone masih tersedia dalam satu varian lagi dengan RAM 4 GB + ROM 64 GB. Kalian tidak perlu khawatir karena keduanya dilengkapi slot microSD card.

BlackBerry Priv vs BlackBerry KEYone

Untuk fotografi, Priv memiliki kamera utama 18 MP dan kamera depan 2 MP, sedangkan KEYone menawarkan kamera utama 12 MP dan kamera depan 8 MP. Para penggemar berfoto selfie jelas akan memilih KEYone. Dalam hal sumber energi, PRIV ditenagai baterai 3410 mAh, sedangkan baterai KEYone berkapasitas 3505 mAh. Yang terakhir, di antara keduanya, hanya KEYone yang memiliki pemindai sidik jari. Uniknya, fitur tersebut ditanamkan pada tombol spasi.

BlackBerry Priv vs BlackBerry KEYone – Harga

Saat ini, harga BlackBerry Priv berkisar $267 atau Rp 3,55 juta. Di sisi lain, harga BlackBerry KEYone varian RAM 3 GB berkisar $549 (Rp 7,4 juta), sedangkan harga varian RAM 4 GB berkisar $627 atau Rp 8,4 juta). Nah, smartphone BlackBerry mana yang lebih kalian sukai, Priv atau KEYone? Apakah kalian suka smartphone yang memiliki keyboard fisik?