BlackBerry KEYone vs Google Pixel: Dua Smartphone dari Benua Amerika

BlackBerry KEYone vs Google Pixel, dua smartphone yang berasal dari benua Amerika. Bila kalian harus memilih, smartphone mana yang akan kalian beli? Bila kalian bingung, silahkan perhatikan ulasan singkat kami di bawah ini.

BlackBerry KEYone vs Google Pixel – Spesifikasi

Seperti diketahui, Google Pixel terlebih dahulu lahir di bulan Oktober 2016, sedangkan BlackBerry KEYone menyusul empat bulan kemudian, tepatnya pada ajang MWC 2017 bulan Februari lalu. Nah, dalam ulasan ini, mari kita bandingkan performa keduanya lebih dahulu. Menjadi jantung Google Pixel adalah chipset Snapdragon 821 quad-core 2,15 GHz dipadukan dengan Adreno 530 dan RAM 4 GB. Di sisi lain, performa pesaingnya ditunjang oleh chipset Snapdragon 625 octa-core 2,0 GHz dipadukan dengan Adreno 506 dan RAM 3 GB. Sistem operasi yang dijalankan keduanya sama yaitu Android 7.1 Nougat. Sampai di sini, tampak jelas bahwa Google Pixel lebih cocok untuk mereka yang mencari smartphone tangguh.

Bagaimana dengan layarnya. Smartphone Google tersebut dibekali layar 5 inci Full HD, sedangkan layar pesaingnya berukuran 4,5 inci dengan resolusi 1080 x 1620 piksel. Meskipun dengan layar lebih kecil, kalian tidak sulit untuk mengetik karena dapat menggunakan keyboard QWERTY fisik. Beralih ke media penyimpanan. Google Pixel menawarkan memori internal 32 GB dan 128 GB (tanpa dukungan slot microSD card). Di sisi lain, meskipun memori internal BlackBerry KEYone hanya 32 GB, namun masih dapat ditambah dengan microSD card.

Untuk fotografi, Google Pixel dilengkapi kamera utama 12,3 MP dan kamera depan 8 MP, sedangkan pesaingnya hadir dengan kamera utama 12 MP dan kamera depan 8 MP pula. Perlu diingat bahwa kamera utama Google Pixel masih menjadi salah satu kamera smartphone terbaik di dunia saat ini. Keduanya juga memiliki pemindai sidik jari namun terletak pada posisi berbeda: di sisi belakang (Pixel) vs di tombol spasi (KEYone). Meskipun Google Pixel tampak lebih unggul, namun kapasitas baterainya hanya 2770 mAh saja, sedangkan baterai pesaingnya 3505 mAh. Tak hanya itu, sistem keamanan BlackBerry juga lebih baik berkat software DTEK.

BlackBerry KEYone vs Google Pixel – Harga

Dari perbandingan di atas, tampak Google Pixel lebih unggul dalam hal performa, kamera utama, serta memori internal yang lebih besar. Di sisi lain, BlackBerry KEYone lebih unggul dalam hal ketersediaan slot microSD card, baterai lebih besar, serta sistem keamanan. Nah, bagaimana dengan harganya? Harga Google Pixel berkisar $6499 (Rp 8,77 juta) untuk varian ROM 32 GB dan $749 (Rp 10,1 juta) untuk varian ROM 128 GB. Sementara itu, harga BlackBerry KEYone berkisar $549 (Rp 7,3 juta).