Bagaimana Layar Smartphone di Masa Depan?

Bagaimana nasib layar smartphone di masa depan? Pernahkah kalian memikirkannya? Kami memiliki informasi terkait layar smartphone pada 5 hingga 10 tahun mendatang. Mari kita cari tahu bersama.

future phone displays

Layar fleksibel

teknologi telepon seluler (ponsel) berkembang sangat cepat sejak 1990-an. Layar ponsel pertama berjenis monokrom dengan resolusi yang sangat rendah. Layar tersebut hanya dapat menampilkan warna hitam putih. Piksel-piksel pada tulisan atau gambar juga terlihat sangat jelas. Setelah itu, muncul layar berwarna. Saat ini, kita dengan mudah menjumpai layar sentuh pada smartphone dan tablet. Nah, bagaimanakah wujud dan kecanggihan layar smartphone di masa depan?

Rumor terkait layar fleksibel pada smartphone sudah beredar sejak tahun lalu. Beberapa produsen raksasa seperti Samsung, Xiaomi, LG, dan Lenovo dikabarkan sedang mengembangkan layar tersebut. Hal ini tentu membuat perubahan besar di industri smartphone. Namun, tampaknya mereka belum menemukan solusi bagaimana membuat layar fleksibel menjadi murah untuk diproduksi massal. Sejauh ini, smartphone dengan layar fleksibel masih menjadi prototipe. Bayangkan, kalian dapat melipat smartphone tanpa memecahkan layar atau merusak komponen lainnya, seperti melipat cermin make up.

future phone displays

Layar holografik

Ada sebuah scene menarik di film Star Wars, dimana Princess Leia berkomunikasi melalui layar hologram. Di masa depan, smartphone dan perangkat lainnya dapat menawarkan hal yang sama. Tampaknya kita dapat melihat gambar hologram dan bahkan menonton video hologram pada smartphone kita sendiri. Hal ini akan menjadi cara baru pengguna smartphone menikmati hiburan.

future phone displays

Layar bertenaga surya

Smartphone telah mengalami perkembangan pesar dalam hal performa, resolusi layar, serta ukuran layar pada beberapa tahun terakhir ini, yang sayangnya tidak disertai dengan perkembangan teknologi baterai. Smartphone kini semakin tipis dan ringan. Seseorang yang aktif menggunakan smartphone perlu menge-charge smartphone beberapa kali dalam sehari. Nah, kabarnya para ahli sedang mengembangkan sel surya yang dapat diintegrasikan pada layar smartphone dan tablet. Bila hal ini terwujud, kalian dapat menggunakan smartphone di bawah matahari sambil menge-charge smartphone. Mantap!

future phone displays

Ya, smartphone di masa depan tampaknya akan semakin tipis dan ringan. Kita tentu sudah dapat membayangkan smartphone yang dibekali layar berteknologi tinggi di atas. Sebenarnya, sudah ada beberapa prototipe smartphone dengan layar tersebut, namun masih belum dikembangkan lebih jauh. Kita nantikan saja.