Asus Zenfone AR vs Lenovo Phab 2 Pro: Perang Smartphone Berteknologi Tango

Seperti yang kita ketahui, Asus Zenfone AR vs Lenovo Phab 2 Pro adalah dua smartphone pertama di dunia yang dibekali teknologi Tango dari Google. Hal ini berarti keduanya bersaing ketat untuk merebut hati para pecinta fotografi. Bila kalian adalah salah satunya, mana yang perlu kalian pilih? Untuk mengetahui jawawbannya, mari ikuti ulasan kami di bawah ini.

201606100214114364

Asus Zenfone AR vs Lenovo Phab 2 Pro

Waktu peluncuran

Di antara kedua smartphone di atas, Lenovo Phab 2 Pro terlebih dahulu hadir pada acara Lenovo bertajuk “Tech World” yang berlangsung di San Fransisco, America Serikat, pada Juni 2016. Sementara itu, Asus Zenfone AR juga meluncur di Amerika Serikat, namun pada acara CES 2017 bulan Januari ini.

Layar

Menariknya, kedua smartphone ini hadir dengan layar beresolusi Quad HD. Namun, layar Lenovo Phab 2 Pro berukuran 6,4 inci, lebih besar dari Asus Zenfone AR yang berukuran 5,7 inci.

Performa

Smartphone Lenovo tersebut diperkuat chipset Snapdragon 652 octa-core 1,8 GHz dipadukan dengan RAM 4 GB. Sementara itu, pesaingnya dibekali chipset Snapdragon 821 quad-core 2,35 GHz dan RAM 8 GB. Nah, kita dapat simpulkan bahwa Asus Zenfone AR jauh lebih tangguh karena menggunakan chipset terbaik dari Qualcomm untuk smartphone papan atas. Di sisi lain, Snapdragon 652 adalah chipset untuk smartphone kelas menengah.

Asus-Zenfone-AR

Media penyimpanan

Lenovo Phab 2 Pro hadir dengan memori internal 64 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Sayangnya, Asus belum memberikan konfirmasi berapa kapasitas memori internal yang dimiliki Zenfone AR. Dari situs resminya, tampaknya smartphone tersebut akan hadir dengan empat pilihan memori internal yaitu 32/64/128/256 GB yang kabarnya masih dapat ditambah dengan microSD card.

Kamera

Kamera menjadi aspek paling menarik dalam perbandingan ini. Asus Zenfone AR menggunakan basis kamera dari Zenfone 3 Deluxe yang terdiri dari kamera utama 23 MP dengan sensor Sony IMX318 dan kamera depan 8 MP. Di sisi lain, pesaingnya dilengkapi kamera utama 16 MP dan kamera depan 8 MP. Seperti diketahui, kamera utamanya dibekali kemampuan Augmented Reality (AR) berkat teknologi Tango dari Google. Namun, dengan fitur-fitur yang lebih canggih, kamera utama Asus Zenfone AR jelas lebih unggul.

002

Baterai

Meskipun unggul dari aspek kamera, smartphone Asus tersebut kalah dalam hal sumber energi karena ditenagai baterai 3300 mAh saja. Sementara itu, pesaingnya ditenagai baterai 4050 mAh. Dengan demikian, Lenovo Phab 2 Pro mampu menyediakan waktu penggunaan lebih lama.

Tambahan

Asus Zenfone AR hadir dengan antarmuka ZenUI 3.0 berbasis Android 7.0 Nougat, sedangkan Lenovo Phab 2 Pro hadir dengan Android 6.0 Marshmallow yang kini dapat diperbaharui ke Android 7.0 Nougat. Lebih lanjut, untuk meningkatkan sistem keamanan, keduanya dilengkapi pemindai sidik jari: di bawah layar (Asus) vs di bawah kamera utama (Lenovo). Yang terakhir, untuk kalian yang gemar menikmati konten multimedia, Asus Zenfone AR lebih cocok karena sudah mendukung kacamata Virtual Reality (VR) dari Google yaitu Daydream.

ar

Asus Zenfone AR vs Lenovo Phab 2 Pro – Harga dan ketersediaan

Dari perbandingan spesifikasi di atas, tampaknya Asus Zenfone AR ungul dalam hal chipset, RAM, memori internal, kamera utama, dan kacamata VR. Sementara itu, pesaingnya lebih unggul dalam hal layar dan baterai yang lebih besar. Lalu, bagaimana dengan harganya? Bila kalian berminat, Lenovo Phab 2 Pro sudah tersedia di pasar dengan harga $499 (sekitar Rp 6,5 juta). Di sisi lain, mengingat harga Zenfone 3 Deluxe yang lebih dari Rp 11 juta, maka Zenfone AR yang sebagian spesifikasinya sama dengan saudaranya tersebut akan ditawarkan dengan harga yang lebih mahal, kemungkinan lebih dari Rp 13 juta. Sayangnya, smartphone ini baru akan tersedia pada kuartal kedua 2017. Nah, setelah melihat perbandingan di atas, mana yang akan kalian pilih, Asus Zenfone AR atau Lenovo Phab 2 Pro?