Asus Zenfone 4 Pro vs Nokia 8: RAM 6 GB, Dual 13 MP Zeiss, Android 7.1

Asus Zenfone 4 Pro vs Noia 8 adalah dua smartphone berkelas yang diperkenalkan di bulan Agustus ini. Keduanya dibekali berbagai spesifikasi menarik. Namun, mana yang lebih unggul?

Asus Zenfone 4 Pro vs Nokia 8 – Perbandingan spesifikasi

Sebelum kita mulai, perlu diinformasikan bahwa Asus Zenfone 4 Pro hadir dalam dua varian memori internal yaitu 64 GB dan 128 GB. Nah, kami hanya melibatkan varian yang pertama untuk melawan Nokia 8. Mari kita mulai. Keduanya adalah smartphone dengan performa tangguh karena diperkuat chipset terbaik Qualcomm saat ini yaitu Snapdragon 835 octa-core 2,45 GHz yang dipadukan dengan prosesor grafik Adreno 540.

Untuk keperpluan penyimpanan data, baik Asus Zenfone 4 Pro maupun Nokia 8 menawarkan memori internal 64 GB yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Keduanya juga memiliki pemindai sidik jari yang ditanamkan di tombol home. Sistem operasi yang dijalankannya juga sama yaitu Android 7.1 Nougat. Sampai di sini, tampaknya kedua smartphone ini berimbang. Kita perlu mencermati empat perbedaan di bawah ini untuk menentukan pemenangnya.

Secara dimensi, Nokia 8 lebih kecil karena dibekali layar 5,3 inci, sedangkan Asus Zenfone 4 Pro hadir dengan layar 5,5 inci. Namun demikian, layar Nokia 8 beresolusi Quad HD, sedangkan layar pesaingnya Full HD. Dalam hal multitasking, Nokia 8 dibekali RAM 4 GB, sedangkan pesaingnya dibekali RAM 6 GB. Lebih lanjut, sebagai sumber energi, Nokia 8 ditenagai baterai 3090 mAh, lebih kecil dari baterai 3600 pada pesaingnya.

Beralih ke sektor fotografi. Nokia 8 hadir dengan kamera belakang ganda (13 MP + 13 MP) dengan susunan vertikal serta kamera selfie 13 MP. Yang membuatnya spesial adalah ketiga kameranya menggunakan lensa Zeiss. Sementara itu, Asus Zenfone 4 Pro hadir dengan kamera ganda (12 MP + 16 MP) dengan susunan horizontal dan kamera selfie 8 MP. Perlu diketahui bahwa kamera 16 MP tersebut memiliki kemampuan perbesaran optik hingga 2 kali. Hal ini berarti kedua smartphone ini memiliki kamera menawan untuk memotret foto berkualitas. Namun, dalam hal perekaman video, Nokia 8 lebih unggul karena dibekali teknologi OZO, memungkinkan kita untuk merekam video dengan suara surround yang sempurna.

Asus Zenfone 4 Pro vs Nokia 8

Asus Zenfone 4 Pro vs Nokia 8 – Harga

Asus Zenfone 4 Pro varian ROM 64 GB berharga sekitar $599 atau Rp 8 juta, sedangkan harga Nokia 8 berkisar $699 atau Rp 9,4 juta. Ya, meski lebih mahal, layar Quad HD, lensa Zeiss, dan teknologi OZO membuat Nokia 8 lebih istimewa. Di sisi lain, perbesaran optik 2 kali serta baterai lebih besar tampaknya membuat Asus Zenfone 4 Pro lebih dilirik sebagian orang. Nah, mana yang menjadi pilihan kalian?