Asus Zenfone 3 Zoom & Zenfone AR Resmi Meluncur: RAM 8 GB + Baterai 5000 mAh

Pada CES 2017, Asus memperkenalkan dua smartphone jagoan terbarunya yang pasti disukai oleh kalian penggemar fotografi. Keduanya adalah Zenfone 3 Zoom dan Zenfone AR. Nah, apa yang spesial dari keduanya? Mari kita cari tahu bersama.

Asus Zenfone 3 Zoom 1 Asus Zenfone 3 Zoom

Pertama, mari kita lihat Asus Zenfone 3 Zoom. Dari namanya, smartphone ini adalah penerus Zenfone Zoom yang meluncur pada tahun lalu. Namun, model terbaru ini tidak memiliki modul kamera berbentuk lingkaran pada bagian belakangnya. Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, secara sekilas tampilannya terlihat mirip seperti iPhone 7 Plus. Ya, kedua kameranya beresolusi 12 MP. Namun, hanya salah satunya yang dilengkapi kemampuan perbesaran optik hingga 2,3 kali serta total perbesaran hingga 12 kali. WOW! Sementara itu, yang satu lagi memilliki sensor Sony IMX362, diafragma f/1.7, dan lebar sudut 82 derajat.

Di sisi lain, untuk berfoto selfie, Asus membekali kamera depan 13 MP dengan sensor Sony IMX214 dan diafragma f/2.0. Ya, tampaknya Zenfone 3 Zoom menjadi smartphone Asus kedua setelah Zenfone Selfie yang memiliki kamera depan 13 MP. Seperti Zenfone 3 ZE552KL, smartphone ini juga hadir dengan layar 5,5 inci Full HD, chipset Snapdragon 625 octa-core 2,0 GHz, pemindai sidik jari, dan ZenUI 3.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow. Selain kamera, daya tarik lainnya adalah baterai 5000 mAh, terbesar di antara anggota keluarga Zenfone 3 lainnya.

Asus Zenfone 3 Zoom 2

Sayangnya, Asus belum memberikan keterangan terkait konfigurasi RAM dan memori internalnya. Namun, dari situs resminya, Zenfone 3 Zoom tampaknya akan hadir dengan dua pilihan RAM (3 GB dan 4 GB) serta tiga pilihan memori internal (32/64/128 GB) yang masih dapat ditambah dengan microSD card. Varian warnanya terdiri dari Navy Black, Glacier Silver, serta Rose Gold.

Asus Zenfone AR

Smartphone yang kedua lebih fantastis lagi. Sebagian besar spesifikasinya sama seperti Zenfone 3 Deluxe. Pada bagian depan terdapat layar 5,7 inci namun resolusinya lebih tinggi yaitu 1440 x 2560 piksel. Sebagai jantungnya adalah chipset Snapdragon 821 quad-core 2,35 GHz. Lebih lanjut, smartphone ini juga dibekali kamera utama 23 MP dengan sensor Sony IMX318, kamera depan 8 MP, pemindai sidik jari (terletak di bawah layar), serta ZenUI 3.0 berbasis Android 6.0 Marshmallow. Sebagai sumber energinya adalah baterai 3300 mAh.

Asus Zenfone AR 1

Kita ingat pada CES 2015, Asus memperkenalkan Zenfone 2 ZE551ML sebagai smartphone pertama di dunia yang menggunakan RAM 4 GB. Nah, pada ajang yang sama tahun ini, raksasa Taiwan tersebut meluncurkan Zenfone AR sebagai smartphone pertama di dunia dengan RAM 8 GB. SUPER!! Selain itu, smartphone ini juga dilengkapi teknologi Tango dan kacamata Daydream dari Google. Hal ini berarti Asus Zenfone AR menjadi smartphone kedua yang menjalankan teknologi Tango setelah Lenovo Phab 2 Pro dan menjadi yang pertama dengan kedua inovasi Google tersebut.

Asus Zenfone 3 Zoom dan Zenfone AR – Harga dan ketersediaan

Tidak salah bila kita mengatakan bahwa kedua smartphone ini cocok untuk kalian yang gemar fotografi berkat teknologi kamera yang mutakhir. Bila kalian berminat, Asus Zenfone 3 Zoom kabarnya baru akan tersedia pada Februari 2017, sedangkan Asus Zenfone AR baru tersedia pada kuartal kedua. Sayangnya, Asus belum mengumumkan harga keduanya. Kita berharap akan mengetahui spesifikasi lengkapnya beserta harganya ketika keduanya sudah tersedia di pasar.