Asus Zenfone 2 Melawan Galaxy Note 4: Ulasan Pertama

Banyak dari Anda yang terkaget-kaget ketika mendengar bahwa Asus mengumumkan perilisan Zenfone 2 pada ajang CES. Anda akan mendapatkan spesifikasi golongan high-end dengan perangkat 5,5 inci ini. Dalam ulasan kali ini kami akan membahas perbandingan antara Asus Zenfone 2 melawan Galaxy Note 4. Kedua perangkat ini masing-masing mempunyai layar selebar 5,5 inci untuk Asus Zenfone 2 dan layar layar agak lebar 5,7 inci untuk Galaxy Note 4. Dengan spesifikasi high-end pada kedua ponsel, kami kira harganya cukup menjamin puas apa yang akan Anda dapatkan dengan kisaran harga 2,5 – 3,2 juta rupiah, dibandingkan dengan tiga kali lipat harga Samsung Galaxy Note 4.

Zenfone 2 vs Note 4 - 1

Desain

Mari kita mulai dengan desain. Kedua Asus Zenfone 2 dan Galaxy Note 4 mempunyai dimensi yang sama, sedangkan Asus Zenfone 2 sedikit lebih tebal. Asus mengikuti model LG G3 dengan memposisikan tombol volume pada bagian belakang perangkat, sedangkan Note 4 memposisikan tombol pada letak yang lebih tradisional. Perbandigan layar hingga tubuh ponsel selalu menjadi faktor yang penting. Disini Asus Zenfone dengan 72% dan dimensi 152.5 x 77.2 x 10.9 mm, sementara Galaxy Note 4 sehingga tidak jauh berbeda dengan 74% .

Zenfone 2 vs Note 4 - 2

Dari sudut pandang murni secara visual, saya tidak dapat memilih mana yang saya lebih suka. Keduanya sama-sama tergolong besar untuk digenggam dalam satu tangan dan tidak sepadat LG 3G, contohnya. Anda bisa saja berpendapat bahwa kedua ponsel ini kurang oke dan desainnya tradisional bila dibandingkan dengan iPhone 6 atau HTC ONE yang pastinya oke banget. Namun bila Anda mulai melirik kulit faux pada Note 4 atau efek sapuan logam Asus Zenfone 2, sepertinya itu cukup bisa memuaskan selera Anda.

Tampilan

Zenfone 2 vs Note 4 - 3

Asus Zenfone 2 didukung dengan layar selebar 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1080x 1920. Tampilannya dilindungi oleh Gorilla Glas 3 dan Anda akan mendapatkan tingkat kedalaman piksel 403ppi. Layar 5,5 inci merupakan ukuran layar ideal di tahun 2015, terutama untuk kisaran harga ini. Jujur saja, bagian layar Galaxy Note 4 dengan layar 5,7 inci quad HD2K Amoled ini mengalahkan Asus Zenfone 2, loh. Pada bagian layar, Note 4 menjadi salah satu layar terbaik yang beredar di pasaran saat ini. Dengan perbedaan harga ini orang-orang akan berpikir dua kali sih, terutama Anda yang ingin memiliki resolusi 2K pada sebuah layar ponsel.

Prosesor dan Penyimpanan

Zenfone 2 vs Note 4 - 4

Asus mempunyai sejarah panjang sehubungan dengan Intel CPU pada seluruh seri Zenfonenya. Pada Asus Zenfone 2 ini pula, mereka masih menerapkan tradisi yang sama dengan memperdayakan 64-Bit Atom Silicon CPU terbaru. Layanan LTE dengan Itel Atom Atom Z3580 berprosesor quad-core CPU tersebut berkecepatan hingga 2,3GHz. Intel Atom Z3580 dengan sendirinya bisa berdiri kokoh dibanding dengan Snapdragon 805 dan Exynos 7 Octa CPU yang terdapat pada Galaxy Note 4. Hanya saja untuk bagian grafis, Samsung Galaxy Note 4 mungkin sedikit lebih unggul.

Salah satu hal yang mengejutkan pada Asus Zenfone 2 adalah memorinya. Pada versi normal, RAM yang tersedia mungkin hanya berkepasitas 2GB, nemnun versi yang harganya lebih mahal ini mempunyai RAM yang wah, yaitu 4GB. Hal inilah yang mebuat ponsel Asus Zenfone 2 menjadi smartphone pertama yang mengumumkan RAM dengan 4GB lebih. Meskipun Anda hanya memilih dengan yang RAM nya 2GB, bukan berarti Asus Zenfone 2 tidak mampu menyandingi RAM 3GB Galaxy Note 4. Ponsel lain saja, misalnya Meizu MX4, dengan RAM 2GB nya mampu mencapai angka Antutu lebih tinggi di banding Galaxy Note 4 dengan CPU Mediatek.

Intel Atom Asus Zenfone 2 sangat mumpuni baik untuk menyimpan daya maupun keseluruhan bagian kinerjanya memuaskan, sehingga kesannya ponsel Samsung hanya untuk buang-buang uanga saja.

Antarmuka

Zenfone 2 vs Note 4 - 5

Asus Zenfone 2 menggunakan OS asli Asus yaitu ZenUI di atas operasi Android Lollipop 5.0. Anda akan disuguhkan beberapa trik dan fitur baru dari ZenUI seperti ZenMotion dan SnapView. Anda juga akan di update dengan Asus Instant Updates, dengan lebih dari 15 juta pengguna Asus yang sudah ada. Singkatnya, ZenUI memang bukan merupakan UI yang paling interaktif, namun ini cukup bersanding dengan kualitas Asus.

Pada bagian multitasking dan produktivitas, agaknya sulit untuk mengalahkan Galaxy Note 4 dan TouchWhiz Samsung. Banyak pelanggan yang membandingkan versi Android pada TouchWiz Samsung. Bila Anda melihatnya dari sisi produtivitas, maka kombinasi antara pena S Galaxy Note 4 benar-benar tuan rumah tenaga yang mumpuni.

Kamera

Asus Zenfone 2 hadir dengan kamera 13MP ditambah dengan dukungan 5 elemen lensa dengan lebar f2,0. Penjepret foto ini juga dilengkapi dengan dual LED flash dan kamera selfie 5MP dengan sisi lensa 85 derajat juga telah disediakan. Sementara itu pada Galaxy Note 4, terdapar 16MP kamera utama dengan OIS (Optical Image Stabilization). Pada kertas tertulis bahwa kamera Note 4 seharusnya lebih superiror.

Galeri Hasil Kamera Asus Zenfone 2 Melawan Galaxy Note 4 Kredit diberikan kepada PhoneArena untuk Gambar-Gambar Berikut

Anda bisa memperhatikan hasil jepretan dari kedua kamera ponsel Galaxy Note 4 dan Asus Zenfone 2 menggunakan objek yang sama. Kami pun dibuatnya kaget, terutama pada gambar-gambar yang diambil pada cahaya yang rendah dimana kami berpikir bahwa kamera Pixel Master pada Zenfone 2 bahkan mampu mengalahkan Nore 4. Asus mengklaim bahwa Pixel Master mampu meningkatkan intensitas cahaya sebenayak 400% pada gambar yang diambil. Tentu saja hal ini menjadikan hasil foto yang dihasilkan sangat bagus.

Daya Tahan Baterai

Daya tahan baterai selalu merupakan yang terpenting sehubungan dengan smartphone, bahkan saat disandingkan dengan PowerBank yang murah. Pada ulasan di kertas, Glaxy Note 4 mempunyai baterai yang kapasitasnya sedikit jauh lebih besar yaitu 3220mAh melawan 3000mAh pada Asus Zenfone 2. Galaxy Note 4 didukung dengan tampilan 2K quad HD dengan 5,7 inci. Kami masih menunggu hasil benchmark baterai pertama mereka untuk menentukan pemenangnya. Sementara kedua ponsel ini menunjukkan kecanggihan teknologi yang mutakhir sehingga pengisian daya baterai tergolong cepat.

Asus Zenfone 2 Melawan Galaxy Note 4

Yuk sama-sama kita perjelas, bahwa kita sedang menyandingkan antara smartphone Asus Zenfone 2 seharga 2,5 juta rupiah dengan si andal Galaxy Note 4 yang harganya 9 juta rupiah. Asus Zenfone 2 tidak mampu menyaingi Galaxy Note 4 perihal layar teknologi, kamera dengan OIS, dan S-Pen yang fungsional tersebut. Bila poin-poin diatas tidak begitu penting untuk Anda, mungkin Anda cukup memilih Asus Zenfone 2. Dengan sepertiga harganya, Anda dapat memiliki ponsel luar biasa dengan kinerja yang mampu mencapai banyak aspek dengan 3x lebih mahal dari Note 4. Saya rasa banyak dari Anda mungkin akan melakukan itu.

Asus Zenfone 2 Atau Galaxy Note 4 ?

 

Asus Zenfone 2 Indonesia luncur pada 21 April

Perbandingan Spesifikasi Asus Zenfone 2: Produk Andalan Zenfone 2 ini Bukan Main Mengesankan!

Asus Zenfone 2 Melawan Samsung Galaxy S6: Perbandingan Kamera

Kamera High Quality Asus Zenfone 2 Contoh Gambar

Asus Zenfone 2 Melawan Xiaomi Mi Note Ulasan: Mana yang Akan Dipilih?