Asus Zenfone 2 Laser vs Lenovo Vibe P1m: Pertarungan Smartphone Kelas Menengah

Para produsen smartphone saat ini bersaing untuk menghadirkan smartphone termuktahir dan inovatif untuk menarik minat para konsumen untuk membeli produk smartphonenya. Beberapa produk smartphone memiliki ukuran layar, prosesor, RAM, memori internal, kamera, dan lainlain yang sama. Meskipun memiliki spesifikasi yang secara umum sama, namun pasti ada smartphone yang lebih unggul dibandingkan smartphone lainnya.

ASUS-ZenFone-2-Laser

Nah, pada artikel ini, kami akan membandingkan dua smartphone yang samasama ditujukan untuk pasar smartphone kelas menengah. Kedua smartphone itu adalah Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KG) dan Lenovo Vibe P1m.

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita perhatikan spesifikasi kedua smartphone tersebut terlebih dahulu.

Smartphone Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KG) Lenovo Vibe P1m
Dimensi 143,7 x 71,5 x 10,5 mm 141 x 71,8 x 9,3 mm
Berat 145 g 148 g
Layar 5,0 inci, HD (720 x 1280 piksel), 294 ppi, TFT capacitive touchscreen, Corning Gorilla Glass 4 5,0 inci, HD (720 x 1280 piksel), 293 ppi, IPS capacitive touchscreen, 16M colors
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410 Quad-core 1,2 GHz Mediatek MT6735P Quad-core 1,0 GHz
RAM 2 GB LPDDR3 2 GB
Memori internal 8/16 GB (microSD card hingga 128 GB) 16 GB (microSD card hingga 32 GB)
Sistem operasi Android v5.0 Lollipop Android v5.1 (Lollipop)
Kamera utama 8 MP, laser autofocus (0,2 detik), f/2.0, dual real tone flash 8 MP, autofocus, LED flash
Kamera depan 5 MP, autofocus, f/2.0, sudut lebar 850 5 MP
Baterai 2070 mAh Li-Po 4000 mAh
SIM Dual SIM (Micro SIM), Dual stand-by Dual SIM (Micro SIM), Dual standby
Warna Black, Ceramic White, Silver, Sheer Gold, Glamour Red Onyx Black, Pearl White
Konektivitas WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.0, USB 2.0, GPS, GLONASS, AGPS 4G LTE, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1 LE, A-GPS

Asus Zenfone 2 Laser vs Lenovo Vibe P1m – Waktu peluncuran

Di antara kedua smartphone ini, Asus Zenfone 2 Laser diperkenalkan terlebih dahulu kepada dunia pada pertengahan bulan Agustus 2015. Sementara itu, Lenovo Vibe P1m diluncurkan hampir satu bulan setelahnya, tepatnya pada ajang IFA 2015 di bulan September. Smartphone buatan Asus itu pun terlebih dahulu masuk ke pasar Indonesia pada bulan September 2015, sedangkan smartphone Lenovo dengan baterai besar itu resmi hadir di Indonesia pada pekan lalu.

lenovo vibe p1m

Asus Zenfone 2 Laser vs Lenovo Vibe P1m – Kamera

Baik Asus Zenfone 2 Laser (ZE500KG) maupun Lenovo Vibe P1m memiliki dua kamera dengan resolusi yang sama yaitu kamera utama beresolusi 8 MP serta kamera depan 5 MP. Namun demikian, tampaknya dua kamera dari smartphone Asus ini lebih unggul dari Lenovo Vibe P1m. Kamera utamanya telah dilengkapi teknologi laser autofocus yang memungkinkan kamera menangkap fokus objek hanya dalam waktu 0,2 detik sehingga dapat menghasilkan foto dengan kualitas gambar yang baik terutama ketika memotret objek yang bergerak. Selain itu, kamera depannya memiliki sudut lebar 850 sehingga dapat memotret jumlah orang yang lebih banyak ketika ingin berfoto selfie bersama dengan Anda.

Asus Zenfone 2 Laser vs Lenovo Vibe P1m – Baterai

Asus Zenfone 2 Laser memiliki baterai berkapasitas 2070 mAh, sedangkan Lenovo Vibe P1m dengan baterai 4000 mAh. Dari aspek baterainya, Lenovo Vibe P1m mengungguli smartphone buatan Asus tersebut karena kapasitasnya yang jauh lebih besar dan juga telah dilengkapi beberapa fitur seperti Power Saver mode dan USB on-the-go charging. Dengan Power Saver mode, Anda dapat menghemat penggunaan baterai Lenovo Vibe P1m sehingga dapat bertahan lebih lama. Sementara itu, karena kapasitas baterainya sangat besar yang mencapai 4000 mAh, smartphone ini telah dilengkapi USB on-the-go charging sehingga dapat difungsikan sebagai alat pengisi daya portabel untuk smartphone lainnya. Mantap! Dengan demikian, Lenovo Vibe P1m sangat cocok untuk Anda yang sering beraktivitas di luar rumah atau kantor karena Anda tidak perlu terlalu sering menge-charge smartphone Anda.

Asus Zenfone 2 Laser vs Lenovo Vibe P1m – Memori internal

Dari aspek penyimpanan data, Lenovo Vibe P1m hanya tersedia dalam satu pilihan memori internal berkapasitas 16 GB. Di sisi lain, Asus Zenfone 2 Laser memiliki dua pilihan kapasitas memori internal, 8 GB dan 16 GB. Perlu diketahui bahwa kedua smartphone ini dilengkapi slot untuk microSD card sehingga Anda dapat menambah kapasitas memori smartphone-nya. Bila Anda menginginkan smartphone dengan kapasitas memori yang lebih besar, Asus Zenfone 2 Laser menjadi pilihan yang tepat karena memori internalnya dapat ditambah dengan microSD card hingga 128 GB, sedangkan Lenovo Vibe P1m hanya hingga 32 GB.

zenfone-selfie

Asus Zenfone 2 Laser vs Lenovo Vibe P1m – harga dan ketersediaan

Kedua smartphone ini sudah dapat dibeli di Indonesia dengan harga yang berbeda. Lenovo Vibe P1m dengan ROM 16 GB ditawarkan dengan harga sekitar Rp 2,1 juta. Untuk Asus Zenfone 2 Laser, varian dengan ROM 8 GB bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 1,9 juta, sedangkan varian dengan ROM 16 GB mulai dari Rp 2 juta.

Kesimpulan

Baik Asus Zenfone 2 Laser maupun Lenovo Vibe P1m memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbedabeda. Kami tidak dapat menyimpulkan smartphone mana yang lebih baik karena pemilihan suatu smartphone sangat tergantung dengan kebutuhan Anda dan juga merek favorit Anda. Manakah smartphone pilihan Anda? Silahkan berbagi dengan kami.