Apa Penyebab Ledakan Smartphone Dan Cara Menghindarinya?

Untuk kalian yang belum mengetahui, Samsung telah mengumumkan penarikan Samsung Galaxy Note 7 secara global karena paling sedikit 35 unit smartphone tersebut dilaporkan meledak saat digunakan. Nah, pada artikel ini, kami sampaikan apa penyebab ledakan smartphone dan bagaimana cara menghindarinya.

smartphone explosion 2

Ledakan smartphone – Penyebab dan cara menghindarinya

Hal pertama yang dapat menyebabkan ledakan smartphone adalah kerusakan sel di dalam baterai. Menjatuhkan smartphone ke lantai dapat memicu masalah tersebut. Kerusakan sel-sel baterai dapat menyebabkan arus pendek listrik, dan juga membuat baterai menjadi menggembung. Smartphone murah atau penggunaan baterai murah dan tidak asli juga dapat memicu masalah tersebut. Baterai tersebut kemungkinan mengandung partikel logam berukuran kecil yang mungkin saja bersentuhan dengan sel-sel baterai yang kemudian menyebabkan arus pendek listrik.

Penyebab yang kedua adalah suhu tinggi. Suhu yang terlalu tinggi dapat merusak sel baterai. Hal ini dapat dipicu oleh suhu di sekitarnya dan terutama proses charging. Proses charging akan membuat suhu di dalam baterai menjadi tingggi. Baterai dengann kualitas yang buruk tidak akan cepat dingin. Pada kasus Galaxy Note 7, Samsung mengklaim bahwa mereka menggunakan baterai dari beberapa produsen. Kami menduga sebagian baterai dari beberapa produsen mengalami masalah.

smartphone explosion

Lalu, apa cara untuk menghindari ledakan smartphone? Sangat sulit untuk mengetahui apakah ada masalah di bagian dalam baterai smartphone kita. Namun, kita dapat mencegah suhu baterai menjadi terlalu tinggi. Cara yang termudah adalah jangan biarkan smartphone kalian menjadi terlalu panas. Lepaskan charger bila smartphone terlalu panas dan tunggu menjadi dingin sebelum di-charge kembali. Pastikan kalian menggunakan charger dan kabel yang asli. Bila smartphone kalian didukung teknologi fast charging dan USB Type C, jangan biarkan smartphone kalian berada di tempat yang panas ketika sedang di-charge. Cukup meresahkan bila kalian tidak dapat menonton video saat smartphone kalian sedang di-charge, namun keselamatan harus menjadi yang utama!!

Ledakan smartphone – Dapat dihindari

Ledakan smartphone tentu bukan kejadian yang menyenangkan. Smartphone yang dibeli dari tabungan kalian sendiri menjadi rusak, dan bahkan kalian dapat terluka bila kalian tidak beruntung. Akan tetapi, kalian dapat melakukan sesuatu untuk mencegah hal buruk tersebut terjadi. Yang pasti, jangan biarkan baterai smartphone menjadi terlalu panas.