Apa Kehebohan di Pasar Smartphone Tahun 2017?

Kita sudah berada di tahun 2017. Tahun 2016 adalah tahun di mana banyak kejutan terjadi di pasar smartphone. Banyak hal yang perlu kita ingat, banyak pula yang kita lupakan. Nah, mari kita cari tahu kehebohan apa yang akan terjadi pada pasar smartphone tahun ini.

Nokie-E1-e1482194449722

Apa Kehebohan di Pasar Smartphone Tahun 2017?

Hal pertama dan pasti dinantikan oleh kita semua adalah kebangkitan Nokia. Si raksasa telah menegaskan bahwa pihaknya akan memperkenalkan smartphone baru pada MWC 2016. Nokia diperkirakan akan kembali dengan beberapa smartphone kelas menengah terlebih dahulu. Salah satu yang kemungkinan besar hadir pada ajang tersebut adalah Nokia D1C. Selain itu, semua orang juga menanti terobosan Samsung setelah kegagalan Galaxy Note 7. Raksasa tersebut dipastikan akan kembali dengan smartphone papan atas terbaru yaitu Galaxy S8. Samsung juga akan meramaikan kelas menengah dengan kehadiran Galaxy J series dan A series edisi 2017.

Ketiga, tahun ini adalah tahun spesial untuk Apple. Tahun 2017 adalah peringatan 10 tahun kehadiran iPhone di pasar smartphone. Apple tentunya tidak ingin melewatkan momen berharga ini dan tampaknya perusahaan asal Amerika Serikat tersebut akan mengghadirkan sesuatu yang spesial yaitu iPhone 8 atau berbagai teknologi terbaru yang belum ada pada iPhone generasi sebelumnya, seperti fotografi tiga dimensi, layar tanpa bezel, dan pemindai sidik jari ultra sonic. Ada pula informasi mengenai kehadiran iPhone 7s dan 7s Plus dengan warna merah.

Iphone-7s-7s-plus-e1482194469505

USB Type C diyakini akan menjadi port yang standar pada smartphone. Saat ini, fitur tersebut telah dibekali pada smartphone papan atas dari berbagai merek, kecuali Apple. Namun, Apple memiliki Lightning port yang mirip dengan USB Type C. Salah satu hal menarik lainnya adalah mengghilangnya audio jack 3,5 mm. Sejak Apple meluncurkan iPhone 7 dan 7 Plus tanpa audio jack 3,5 mm, banyak produsen dilaporkan akan mengikuti jejak Apple tersebut. Kita menanti apakah hal ini akan menjadi tren atau tidak. Yang terakhir, sebagian besar smartphone papan atas kini hadir dengan layar Quad HD (2K). Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah layar beresolusi Ultra HD (4K) diperlukan pada smartphone? Sejauh ini, baru Sony Xperia Z5 Premium yang dibekali layar tersebut. Jawabannya akan kita ketahhui bersama pada tahun 2017 ini.

Pasar smartphone pada 2017 – Banyak hal yang kita nantikan

Tahun 2017 dipastikan akan menjadi tahun yang menarik untuk pasar smartphone. Kita berharap akan melihat berbagai smartphone berkualitas yang meramaikan pasar, dan sedikit yang gagal.