Alasan Smartphone Sebaiknya Pakai Baterai Yang Dapat Dilepas Pasang

Bila Anda perhatikan, baterai removeable (dapat dilepas pasang) sudah jarang ditemukan pada smartphone yang dirilis akhir-akhir ini. Sama dengan apakah slot microSD card diperlukan atau tidak, penggunaan baterai tanam (non-removeable) dan yang dapat dilepas pasang (removeable) juga menjadi perdebatan saat ini. Namun dengan semakin banyak smartphone papan atas yang hadir dengan baterai tanam, penggunaan baterai yang dapat dilepas pasang kini dirindukan banyak konsumen.

Pada artikel ini, kami akan menyampaikan beberapa alasan mengapa para produsen smartphone perlu mempertahankan penggunaan baterai yang dapat dilepas pasang.

Cara paling efektif untuk me-reset smartphone

Bila Anda menggunakan perangkat dengan baterai yang dapat dilepas pasang, baik smartphone maupun tablet, saya yakin Anda pernah mengalami kejadian ini lebih dari satu kali. Bila smartphone Anda mengalami freeze dan meskipun Anda telah melakukan berbagai cara, smartphone Anda tetap tidak memberikan respon apa pun. Apa yang akan Anda lakukan? Cara yang paling cepat adalah melepaskan baterainya dan lalu memasangnya kembali, lalu reset smartphone Anda.

Namun demikian, cara seperti itu tidak dibenarkan karena secara tiba-tiba kita mematikan sumber energi listrik dan akan memberikan dampak buruk pada smartphone bila dilakukan terus menerus dalam jangka waktu panjang.sony

Biaya lebih irit untuk mengganti/memperbaiki baterai Baterai merupakan elemen pada smartphone yang selalu digunakan dan akan sering diganti. Baterai lepas pasang tentunya lebih mudah untuk diperbaiki dan diganti dengan yang baru. Hal ini tentu lebih hemat dibandingkan harus membeli smartphone baru atau menggunakan alat pengisi daya portabel untuk mengisi baterai tanam yang telah bocor.

Serba guna: Bila Anda bepergian dan tidak memiliki akses untuk menge-charge smartphone, baterai cadangan merupakan solusi yang cepat dan tepat untuk mengganti baterai yang telah habis. Ukurannya pun lebih kecil dan portabel daripada alat pengisi daya portabel.

Kerusakan karena kemasukan air Indonesia

Banyak smartphone saat ini telah dilengkapi fitur anti air, terutama Sony Xperia series. Namun, bila tidak memiliki fitur anti air, hal pertama yang perlu dilakukan adalah melepas baterainya bila smartphone Anda tanpa sengaja terkena air dan menjadi basah. Hal ini dilakukan untuk mencegah kerusakan yang semakin parah pada smartphone Anda. Kondisi ini hanya dapat dilakukan pada smartphone dengan baterai yang dapat dilepas pasang.

Inilah alasan kami terkait penggunaan baterai yang dapat dilepas pasang pada smartphone. Bila Anda memiliki alasan yang lain, silahkan berbagi dengan kami. Kami berharap para produsen smartphone memperhatikan hal ini dan memberikan lebih banyak pilihan smartphone dengan baterai yang dapat dilepas pasang di kemudian hari.