5 Faktor Yang Menjadikan Xiaomi Produsen Smartphone Yang Sukses 

Setiap saat kita menyebutkan smartphone asal China, nama yang langsung muncul dalam pikiran kita adalah Xiaomi. Xiaomi kini menjadi produsen smartphone terbesar ke4 di dunia dan digemari banyak konsumen. Bagaimanakah perusahaan yang baru berumur 5 tahun yang didirikan pada bulan April 2010 dapat meraih kesuksesan seperti itu? Berikut ini adalah 5 faktor yang mendukung kesuksesan yang diraih Xiaomi saat ini.

xiaomi

Xiaomi menggunakan media sosial tidak hanya untuk menyebarkan pesan dan pengumuman, tetapi juga melakukan komunikasi secara langsung dengan konsumennya. Para teknisi juga menanyakan masalah yang dihadapi konsumen dan memanfaatkan segala saran dan kritik untuk meningkatkan pelayanan.”

Harga – Apple tidak mampu menyainginya

Benar! Harga iPhone buatan Apple jauh lebih mahal dibandingkan smartphone Xiaomi. Kita mengetahui sebagian besar produknya dan khususnya smartphone buatan Xiaomi ditawarkan dengan harga yang terjangkau. Mereka juga selalu menjual produkproduknya secara online. Dengan demikian, harganya akan lebih murah dibandingkan melalui distributor atau pedagang smartphone.

Namun, menjual smartphone dengan harga yang mendekati harga sebenarnya bukanlah strategi yang akan berlangsung lama dan hal itu disadari oleh Xiaomi. Kita dapat membeli produk-produk Xiaomi tanpa perlu merasa khawatir yang berlebihan karena harganya sangat terjangkau.

Spesifikasi – kualitas terbaik

Ya, smartphone Xiaomi memang murah, jauh lebih murah dari smartphone Apple atau Samsung, namun hal itu tidak berarti spesifikasi yang digunakan tidak berkualitas. Xiaomi tampaknya memiliki ambisi yang kuat untuk bersaing dengan produsen lainnya tidak hanya dari aspek harga tetapi juga kecanggihan spesifikasi. Mereka telah melakukannya beberapa kali. Smartphone buatan Xiaomi biasanya memiliki layar berkualitas serta baterai yang tahan lama. Selain itu, perusahaan tersebut juga mengembangkan sistem operasi buatannya sendiri bernama MIUI yang berbasis pada Android. Produk smartphone-nya juga memiliki fitur-fitur menarik yang dimiliki smartphone Android lainnya serta fiturfitur khusus untuk smartphone buatan Xiaomi. Kunci utama Xiaomi adalah menghadirkan smartphone berkualitas baik namun dengan harga yang murah. Cara tersebut membuat Xiaomi mampu bertahan di pasar smartphone hingga saat ini.

Xiaomi

Pangsa pasar – China adalah yang utama

Tentunya, bila sebuah perusahaan semakin besar dan maju serta memiliki reputasi yang baik, maka mereka ingin mengembangkan bisnisnya ke seluruh dunia. Begitu pula dengan Xiaomi yang kini memiliki beberapa toko online di beberapa negara Asia dan juga di benua lainnya seperti Eropa dan Amerika. Namun, Xiaomi tetap ingin berfokus pada pasar smartphone local di China terlebih dahulu karena mereka kini menguasai 97% pasar smartphone di China. Lebih lanjut, Xiaomi tidak ingin gegabah untuk menguasai pasar smartphone internasional yang kini dikuasai oleh Samsung dan Apple.

Promosi – strategi yang tepat

Ini adalah salah satu faktor penting sebuah perusahaan untuk mencapai kesuksesan. Xiaomi memulainya dengan melakukan flash sale dengan sedikit atau bahkan tanpa iklan. Produkproduknya laris hanya dalam waktu singkat dan menjadi bahan perbincangan di berbagai media sosial di China. Lalu, orangorang menyebarkan informasi tersebut dari mulut ke mulut dan hal tersebut terjadi terus menerus. Tentunya Xiaomi tidak cepat merasa puas dengan strategi bisnis seperti itu.

Di sisi lain, Xiaomi memiliki strategi untuk mendekatkan diri dengan konsumennya. Para teknisinya secara berkala berkomunikasi secara langsung dengan para konsumen dan mengumpulkan berbagai saran dan kritik untuk memberikan pelayanan yang lebih baik di kemudian hari. Mungkin ini menjadi salah satu faktor mengapa Xiaomi memiliki banyak penggemar setianya saat ini.

Xiaomi

Desain – ciri khas Xiaomi

Pada awalnya, bila kita melihat smartphone Xiaomi, desainnya akan mengingatkan kita pada smartphone buatan Apple. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, smartphone tersebut terlihat menarik dan elegan dengan ciri khas Xiaomi sendiri. Xiaomi juga berencana untuk menciptakan desain yang seluruhnya terbuat dari bahan alloy untuk menandai babak baru kesuksesan desain baru smartphone buatannya.

Kesimpulan

Xiaomi merupakan nama besar di industri smartphone China dan juga internasional. Produk-produk terbarunya mampu menarik perhatian banyak orang karena memiliki spesifikasi yang muktahir namun harganya tetap terjangkau. Meskipun merupakan pemain baru di pasar smartphone, nama Xiaomi menjadi pilihan utama untuk sebagian orang ketika mencari smartphone baru. Diharapkan mereka terus menghadirkan produk-produk yang inovatif di kemudian hari. Maju terus, Xiaomi!