5 Alasan Kalian Sebaiknya Tidak Beli Smartphone dari China

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa harga smartphone asal China lebih murah dari negara lainnya dan banyak orang menggunakannya. Namun, ada sisi negatifnya yang perlu kalian ketahui. Apa saja?

5

1 Tidak tahan lama

Tidak semua smartphone asal China memiliki spesifikasi dengan kualitas tinggi. Banyak produsen asal China tidak membekali fitur kedap air atau Gorilla Glass untuk melindungi smartphone-nya dari goresan. Sebagai akibatnya, smartphone mudah rusak terkena air dan tidak terlihat menawan akibat goresan. Namun, banyak orang tetap memilih smartphone dari China karena harganya yang murah.

5 2

2 Desain tiruan

Sangat jelas bahwa smartphone dari produsen ternama seperti Samsung, Sony, dan Apple hadir dengan desain yang mewah dan elegan. Beberapa smartphone asal China ada yang terlihat mirip bahkan meniru desain smartphone dari produsen lain dari luar China. Sebagai contoh, Elephone S7 memiliki layar lengkung yang menyerupai layar Samsung Galaxy S7 Edge.

5 3

3 Sistem keamanan buruk

Menurut banyak pengguna smartphone asal China, mereka tidak terlalu mempercayai sistem keamanan yang ditawarkan smartphone tersebut. Segala informasi yang disimpan di dalamnya mudah dicuri. Hal ini akan menjadi masalah serius bila pengguna menyimpan data-data pribadi seperti nomor rekening, kata sandi akun media sosial, dan lainnya. Belum lama ini, beberapa smartphone bahkan melaporkan data para penggunanya ke China.

5 4

4 Harga yang tidak sesuai

Meskipun sisi positif dari smartphone asal China adalah harganya yang murah, namun ada sisi negatifnya yang perlu diketahui. Kualitasnya sering tidak sebanding dengan harganya. Tampilannya tidak semewah seperti yang terlihat pada iklan. Selain itu, spesifikasinya juga tidak cukup tangguh dibandingkan harganya, sehingga tidak menghasilkan performa terbaik.

5 44

5 Sulit untuk dijual kembali

Ketika membeli barang bekas, para konsumen akan mempertimbangkan berbagai hal, salah satunya adalah merek. Banyak merek smartphone asal China tidak terlalu terkenal. Selain itu, sebagian besar hadir dengan desain dan spesifikasi yang tidak terlalu menawan, membuat smartphone bekas asal China dijual dengan harga yang sangat murah atau bahkan tidak laku.

Smartphone dari China

Sistem keamanan buruk, desain tiruan, dan tidak tahan lama adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan kembali ketika ingin membeli smartphone asal China. Kami berharap kalian dapat mengambil keputusan yang terbaik.