4 Alasan Mengapa Smartphone dari China Sangat Murah

Pernahkah kalian berpikir mengapa harga berbagai smartphone dari China lebih murah dari negara lainnya? Pada artikel ini, kami akan menyampaikan jawabannya untuk kalian.
Cheap 1

4 alasan mengapa harga smartphone dari China sangat murah

Pertama, produsen asal China lebih mengutamakan penjualan smartphone-nya melalui toko online. Biaya untuk membuka dan mengoperasikan gerai atau toko pada umumnya akan lebih mahal. Sebagai akibatnya, produsen tersebut biasanya memperbaharui berbagai informasi terkait smartphone-nya melalui situs. Para konsumen dapat memesan dan membeli smartphone melalui situs resmi dari produsen tersebut atau toko online pihak ketiga seperti Amazon, Flipkart, Oppomart, Gearbest, dan lain sebagainya. Meskipun beberapa produsen sudah membuka toko atau gerai fisik, namun jumlahnya masih sangat kecil dibandingkan jumlah keseluruhan produsen smartphone di China.

Kedua, produsen asal China memahami strategi pemasaran produk melalui media sosial. Kita harus mengakui bahwa Facebook, Instagram, Twitter, dan Weibo adalah beberapa media sosial paling populer di dunia yang memiliki banyak pengguna. Dengan demikian, informasi terkait smartphone baru dapat tersebar dengan cepat bila diiklankan di media sosial. Di sisi lain, beberapa merek ternama lainnya seperti Samsung, Sony, dan Apple perlu menghabiskan uang jutaan dollar untuk beriklan di televisi atau bekerja sama dengan selebriti ternama untuk mempromosikan produknya.

Cheap 2

Selanjutnya, produsen asal China tidak memproduksi smartphone dalam jumlah banyak. Untuk setiap smartphone baru, mereka memilih untuk memproduksinya dalam jumlah yang terbatas agar mereka dapat mengelola penjualannya dengan baik. Yang terakhir, beberapa produsen memberikan penawaran yang menarik seperti aksesori, aplikasi, dan layanan yang sudah termasuk pada smartphone yang dijualnya. Hal ini tampaknya sangat efektif.

Harga smartphone asal China dan kualitasnya

Banyak di antara kita mengatakan bahwa material yang kurang berkualitas serta desain yang kurang menarik yang membuat harga smartphone asal China lebih murah. Pada aspek tertentu, hal itu bisa dibenarkan. Namun, masih ada produsen dengan reputasi baik seperti Xiaomi, Oppo, Huawei, dan Lenovo yang diterima dengan baik di negara lainnya.