Harga Xiaomi Mi4i Review: Diluncurkan Dengan Harga Rp 2,7 juta, Xiaomi Yakin akan Memenangkan Persaingan

Xiaomi meluncurkan smartphone terbarunya Xiaomi Mi4i di Jakarta pada bulan April 2015 yang turut dihadiri oleh pendirinya, Bin Lin dan Lei Jun. Xiaomi Mi4i secara resmi hadir di Indonesia dan menurut wakil presiden Xiaomi, Hugo Barra, menjelaskan bahwa huruf ‘I’ terinspirasi dari Indonesia. Dengan mengusung target penjualan 1 juta unit smartphone setelah 6 bulan kehadirannya di Indonesia, hal ini menunjukkan bahwa Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi produsen smartphone asal China tersebut. Ikuti Kuis Giveaway Xiaomi Mi4i

Xiaomi Mi4i review

 

Xiaomi Mi4i review

Meski secara umum tidak jauh berbeda dengan model sebelumnya Xiaomi Mi3, namun Mi4i hadir dengan beberapa perubahan, di antaranya system operasi Android 5,0 Lollipop, lapasitas baterai yang lebih besar, dan juga bodi yang lebih ringan. Saat ini, melalui kerja sama Xiaomi dengan beberapa situs belanja online selain Lazada, para pengguna smartphone memiliki banyak cara dan kemudahan untuk mendapatkan Xiaomi Mi4i. Apakah Mi4i akan mencapai kesuksesan seperti Xiaomi Mi3?

Xiaomi Mi4i Desain 8/10

1

Xiaomi Mi4i memiliki casing belakang yang terbuat dari bahan polycarbonate yang tidak dapat dilepas dan casing tersebut memberikan kesan permukaan yang mulus hingga keempat sudutnya. Lebih lanjut, beberapa desain diambil dari model Redmi 2. Tombol pengatur suara dan power/standby yang terbuat darii logam ada di sisi kanan. Solt untuk 2 SIM card ada di sebelah kiri. Selain itu, di bagian atas terdapat audio jack 3,5 mm serta di bagian bawah terdapat USB port untuk charger dan kabel untuk transfer data.

2

Ponsel ini memiliki berat yang ringan sekitar 130 gram dengan ketebalan 7,8 mm. Dengan ukuran layar 5 inci serta posisi bezel (tepi layar) yang berada di bagian atas dan bawah membuat ponsel ini nyaman digenggamn. Layarnya juga dilapisi oleh One Glass Solution. Ikuti Kuis Giveaway Xiaomi Mi4i

3

Di bagian belakang terdapat kamera 13 MP di pojok kiri sebelah atas dengan 2 LED flash. Terdapat pula logo Mi berwarna silver yang timbul serta lubang speaker di bawahnya serta penopang kecil untuk membuat ponsel ini sedikit miring ketika diletakkan di permukaan yang datar sehinga suara yang keluar dari speaker tidak teredam oleh permukaan tersebut. Xiaomi juga menyediakan beberapa varian warna untuk casing belakangnya dan dapat dibuka mengelilingi bagian belakang sehingga dengan berbagai varian warna casing membuat ponsel tersebut tampak dengan dua warna. Ikuti Kuis Giveaway Xiaomi Mi4i

Secara keseluruhan, desain ponsel ini tergolong baik dengan bahan polycarbonate di bagian belakangnya. Desain ponsel ini terinspirasi dari Apple iPhone 5c.

Fitur 8/10

4

Xiaomi Mi4i didukung oleh prosesor dengan chipset octa-core berbasis Qualcomm Snapdragon 615 SoC (generasi kedua) dengan CPU Quad core Cortex A53 berkecepatan 1,7 GHz sebagai core utama dan Quad core berkecepatan 1,7 GHz sebagai core penghemat energy serta GPU Adreno 405. Keseluruhan kinerja prosesor tersebut didukung RAM 2GB LPDDR3.

5

Mi4i menggunakan system operasi Android 5,0 Lollipop MIUI 6. Secara keseluruhan, tidak ada perbedaan yang mencolok dari Android Lollipop. Namun ketika Anda sedang mengakses Play Store untuk mengunduh aplikasi, apakah Anda memperhatikan ada sedikit perbedaan tampilan yang dipengaruhi oleh MIUI 6? Ikuti Kuis Giveaway Xiaomi Mi4i

Ponsel ini memiliki memori internal berkapasitas 16 GB yang 12 GB dari memori tersebut dapat digunakan oleh penggunanya untuk menyimpan data-data sesuai kebutuhannya. Sayangnya, kapasitas memori tersebut tidak bisa ditambah dengan menggunakan microSD. Menurut Hugo Barra, Xiaomi tidak menambahkan slot untuk memory card untuk menghemat kapasitas pada motherboard karena Xiaomi menggunakan motherboard yang kecil untuk memaksimalkan kinerja baterai yang berkapasitas 3120mAh. Lebih lanjut, jika Mi4i dimasukkan micro SD yang berkualitas jelek, hal ini akan menimbulkan masalah. Hugo Barra menambahkan bahwa Xiaomi berencana untuk mengeluarkan varian dengan kapasitas memori yang lebih besar dalam waktu dekat, namun belum dipastikan kapan tepatnya produk tersebut akan diluncurkan. Tampaknya Xiaomi berharap para konsumennya untuk memanfaatkan media penyimpanan Mi Cloud jika memerlukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, namun hal ini belum tentu menjadi pilihan yang disenangi oleh para pengguna smartphone.

Lebih lanjut, Mi4i memiliki 2 slot SIM card, dual standby mode, konektivitas ke jaringan 4G untuk kedua slot SIM card tersebut, Wi-Fi 802.11ac, Bluetooth 4,0, GPS/GLONASS, serta USB OTG.

Software 7/10

Xiaomi Mi4i merupakan ponsel Xiaomi pertama yang menggunakan system operasi Android 5,0 Lollipop. Dengan dukungan MIUI 6 skin, Anda akan menemukan perbedaan tampilan pada Mi4i dengan Mi4 ataupun Redmi 2.

6

Tampilan dari MIUI 6 tidak berbeda jauh dengan MIUI 5, namun Xiaomi telah menyederhanakan tampilan aplikasi-aplikasinya sehingga terlihat lebih sederhana dan menarik. Sebagai contoh, tampilan aplikasi music dan video dibagi menjadi local dan cloud section; aplikasi waktu juga dibagi menjadi alarm, stopwatch, timer, dan jam; aplikasi cuaca dilengkapi visualisasi data yang menarik; aplikasi keamanan juga dibagi menajdi cleaner, data usage, blocklist, serta tombol toggle untuk pengaturan on dan off.

7

Xiaomi juga memberikan beberapa sentuhan baru pada fitur-fiturnya. Jika Anda mendapatkan pesan atau panggilan telepon ketika sedang bermain game atau melihat-lihat foto, maka akan muncul notifikasi yang mengambang di bagian atas layar yang tentunya tidak akan mengganggu aktivitas Anda. MIUI 6 juga memberikan perbedaan antara notifikasi yang penting dan tidak penting.

Tampilan aplikasi e-mail juga didesain agar tampak seperti chat untuk isi pesan e–mail yang sifatnya berantai. Pembenahan juga dilakukan pada fitur Mi Account, Keamanan, Theme, Musik, dan lain sebagainya.

MIUI 6 juga memermudah Anda untuk mengganti halaman dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Anda juga dapat menahan halaman suatu aplikasi dengan satu jari ketika jari lainnya bergerak untuk berganti-ganti halaman.

Ponsel ini juga dilengkapi fitur Visual VSR yang dapat menampilkan daftar nama-nama pelayanan public yang ingin dicari, seperti nama-nama bank. Xiaomi juga berencana meminta bantuan dari Mi community untuk menambahkan nomor-nomor IVR untuk fitur Visual IVR tersebut.

Xiaomi Mi4i Specs dan Performa 7/10

Penggunaan prosesor Qualcomm Snapdragon 615 SoC generasi kedua dan RAM 3 GB sangat mendukung berbagai aktivitas pada ponsel ini. Ponsel ini memiliki kinerja yang baik dan dengan GPU Adreno 405 dapat digunakan untuk bermain game yang cukup berat seperti Asphalt 2, Airborne, dan Dead Trigger 2. Melakukan pencarian informasi melalui Chrome dengan 10 tab sekaligus dengan 10 aplikasi yang berjalan pada waktu yang bersamaan tidak akan memperlambat kinerja ponsel ini.

7

Namun, beberapa kali saya membuka aplkasi kamera atau satu folder yang isinya banyak aplikasi, prosesnya membutuhkan 1 detik lebih lama. Ada shortcut untuk membuka aplikasi kamera yaitu dengan menggeser layar dari kanan ke kiri menggunakan jari. Ketika saya melakukannya beberapa kali, tampak perpindahan yang tidak mulus sekitar satu detik dari layar utama ke kamera. Saya tidak yakin hal ini sudah didesain sebagaimana yang terjadi di atas dan semoga Xiaomi melakukan pembaharuan untuk mengatasi hal tersebut.

Secara umum hal di atas tidak menimbulkan kendala yang berarti, namun Xiaomi diharapkan memberi perhatian dan mengeluarkan fitur untuk perbaikan hal tersebut.

8

Saya memberi penilaian pada Mi4i dari segi balanced mode dan performance mode. Tampilan layar di atas memperlihatkan balanced mode. Performa Mi4i lebih baik dari Yu Yuphoria dan Oppo R5 yang masih menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 615 SoC generasi pertama, meski menurut GeekBench 3 kedua ponsel tersebut lebih unggul. Untuk soal performa, Mi4i tetap lebih unggul. Namun demikian, penilaian tersebut hanyalah berupa angka-angka di atas kertas, yang terpenting adalah performa sesungguhnya pada penggunaan sehari-hari. Ikuti Kuis Giveaway Xiaomi Mi4i

Meski Anda menggunakan ponsel ini untuk bermain game, merekam video dengan durasi yang panjang, atau menjalankan aplikasi yang berat, bagian belakangnya tidak akan terlalu panas sekalipun digunakan di luar dengan suhu yang panas. Bila bagian depan dan belakang ponsel ini terasa panas, Anda perlu mengistirahatkannya beberapa saat terlebih dahulu. Suara yang dihasilkan dari speaker cukup besar, sehingga Anda dapat menonton video tanpa perlu menggunakan earphone.

Jika digunakan untuk menelepon, kualitas speakernya pun sangat baik dan bisa didengar meski berada di tengah kemacetan jalan. Suaranya jugajuga tidak akan pecah bila Anda mengatur volume suara ke level maksimal. Ponsel ini dilengkapi layanan Dual 4G SIM card dengan Dual Standby mode.

Tampilan layar 8,5/10

Salah satu hal yang menarik untuk dibahas dari Xiaomi Mi4i adalah tampilan layarnya. Layar berukuran 5 inci full HD ini dilengkapi dengan panel IPS yang memberikan tampilan yang baik. Sama seperti Xiaomi Mi4, Mi4i juga menggunakan layar dengan densitas 441 ppi pixel yang enghasilkan warna yang menarik serta huruf yang tajam dan jelas.

Xiaomi lebih memilih menggunakan lapisan pelindung layar dari One Glass Solution daripada Gorilla Glass. Lapisan tersebut mudah dibersihkan dari noda dan Anda akan melihatnya sangat bersih ketika layar ponsel tersebut dalam keadaan mati. Bila Anda mengamati dengan teliti, Anda akan menemukan perbatasan antara layar dengan bagian tepi layar. Meskipun ketajaman tampilan layar ponsel ini tidak seperti pada layar AMOLED, namun saya merasa cukup puas dengan ketajaman layar Mi4i ketika sedang menonton video.

Xiaomi juga telah menggunakan teknologi ‘sunlight display’ yang menggunakan single prosesor yang mampu mengatur tingkat ketajaman layar pada situasi apapun meski berada ti tempat yang sangat terang. Teknologi ini tentu sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin mengambil gambar di bawah sinar matahari yang sangat terik. Ketika melihat hasil foto, Anda akan melihat perbedaan yang sangat halus antara benda dan bayangannya. Dengan teknologi ‘sunlight display’, bagian yang lebih gelap kan menjadi sedikit lebih terang dan bagian yang terang akan sedikit diredupkan. Hal ini berbeda dengan teknologi ‘auto brightness’ yang hanya mengatur tingkat cahaya secara keseluruhan baik ditingkatkan atau diredupkan, di sisi lain, teknologi ‘sunlight display’ akan mengatur tingkat cahaya berdasarkan tingkat kegelapan pada area bayangan.

Kamera 8/10

9

Fitur kamera pada Xiaomi Mi4i sangat impresif dengan harga yang terjangkau. Kamera utama dari Mi4i masih sama dengan Mi4 yaitu 13 MP, namun kamera utama Mi4 memiliki 6 elemen dengan f/1,8 sedangkan Mi4i memiliki 5 elemen dengan f/2,0. Di bagian depan terdapat kamera beresolusi 5 MP.

Perlu diingat bahwa sampel gambar di bawah ini sudah diubahh ukurannya dari gambar yang asli. Anda cukup klik gambar tersebut untuk melihat gambar tersebut dengan resolusi yang tinggi atau kunjungi album foto Xiaomi Mi4i di Flickr.

10

Banyak pengguna smartphone tidak menemukan perbedaan yang menonjol dari fitur kamera Mi4i dengan Mi4 maupun Redmi 2. Geser layar dari kanan untuk menampilkan filters dan dari kiri untuk menampilkan kamera. Xiaomi telah menambahkan fitur Beautify pada kamera depan. Tersedia juga filters dengan pilihan Japanese, 1970s, Autumn, serta Indigo.

11

Kualitas gambar yang dihasilkakn Mi4i cukup baik. Hasil foto di tempat terang terlihat sangat jelas dan tersedia HDR (High Dynamic Range) mode dengan 2 varian: Normal mode dengan kemampuan mengambil tiga gambar secara beruntun (underexposed, normal exposure, overexposed) dan Live HDR mode yang menghasilkan gambar yang luar biasa. Gambar yang diambil dengan HDR akan terlihat lebih memancarkan cahaya yang lebih baik. Fitur ini juga terdapat pada Xiaomi Redmi 2. Fitur ini juga tidak akan memberikan warna-warna yang mengganggu ketika kita mengambil gambar pemandangan yang berlatarkan langit. Gambar yang diambil pada siang hari atau tempat terang memiliki ketajaman yang baik. Kamera depannya juga cocok digunakan untuk foto selfie di luar ruangan. Jika foto selfie di dalam ruangan, akan tampak garis-garis buram yang akan terlihat dengan jelas bila Anda melihat foto tersebut dengan tampilan 100%. Tersedia pula fitur Torch mode yang akan membantu Anda memfokuskan kamera ketika mengambil gambar di tempat dengan tingkat ccahaya yang kurang atau redup. Gambar yang dihasilkan pun lebih bagus dibandingkan dengan smartphone lain dengan kisaran harga Rp 3,2 juta, namun garis-garis buram tersebut sedikit membuat gambar menjadi buram.

Ponsel ini merupakan ponsel dengan fitur kamera terbaik yang sebanding dengan harga yang ditawarkan. Ponsel ini juga bisa dijadikan sebagai kamera untuk berfoto di luar ruangan ketika sedang liburan. Lebih lanjut, Anda juga bisa merekam video dengan kualitas yang baik, Full HD dan HD.

12

16

Kapasitas Baterai 8/10

Xiaomi Mi4i menggunakan baterai berkapasitas 3120 mAh yang sangat cukup untuk ponsel berukuran 5 inci. Biasanya baterai dengan kapasitas lebih dari 3000 mAh hanya ditemukan pada ponsel berukuran 5,5 inci. Xiaomi tetap menggunakan baterai berkapasitas besar ini ke ponsel yang memiliki ketebalan 7,3 mm namun dengan ukuran motherboard yang lebih kecil PCB. Baterai tersebut tidak dapat dilepas dan sudah didukung oleh teknologi pengisian ulang yang cepat.

17

Baterai ini dapat bertahan 12 – 14 jam pada penggunaan yang regular, browsing di internet, menelepon beberapa jam, membuka social media, mengambil foto, streaming video, dan lainnya. Lebih lanjut, baterai dapat bertahan hingga 9 jam 28 menit pada Balance mode dan 10 – 11 jam pada Performance mode tergantung aktivitas yang Anda lakukan.

Xiaomi Mi4i Harga di Indonesia

Dengan harga sekitar Rp 2,7 juta, Xiaomi Mi4i yakin akan memenangkan persaingan di pasar ponsel.

Harga Xiaomi Mi4i menawarkan spesifikasi yang canggih, tampilan yang menarik, kamera yang berkualitas, serta kapasitas baterai yang besar dengan harga yang terjangkau. Dengan desain yang menarik, ponsel dengan layar 5 inci ini dapat digunakan dengan satu tangan. Dengan fitur kamera yang dimilikinya, Mi4i merupakan ponsel terbaik di kelasnya dengan harga yang terjangkau.

Meski ada sedikit kekurangan pada performa ponsel ini, hal ini bukanlah menjadi masalah yang berarti. Jika kita mencermati dari sisi positifnya, masalah yang terdapat pada animasi bisa diselesaikan dengan memperbaharui software ke versi yang terbaru. Hal yang mungkin menjadi sisi negative adalah kapasitas memori internal yang bisa digunakan hanya sekitar 12,9 GB yang tidak bisa ditambah dengan micro SD. Walaupun keterangan dari Xiaomi dapat dipahami, namun mayoritas pengguna smartphone di Indonesia menginginkan adanya slot microSD untuk menambah memori.

Ketika Xiaomi meluncurkan Mi3 di Indonesia pada bulan Juli tahun lalu, ponsel ini menjadi perhatian banyak pengguna smartphone. Saya yaking Mi4i akan mencapai angka penjualan yang lebih tinggi dan sukses daripada Mi3. Ada 3 alasan: pada penjualan Mi3 pada bulan Juli tahun lalu berjalan dengan sukses dan dengan harga sekitar Rp 2,7 juta merupakan harga yang ideal untuk Mi4i. Pada penualan kemarin, 350.000 orang megantre untuk mendapatkan 40.000 unit yang ditawarkan dan hanyaa dalam 15 detik saja ponsel tersebut telah habis terjual.

Kedua, Xiaomi sebagai merek ponsel dunia telah memenuhi semua harapan dari para konsumennya sejak bulan Juli. Terbukti banyak konsumennya yang loyal dengan produk Xiaomi menghadiri acara peluncuran Xiao Mi4i. Apalagi Xiaomi kini telah mendapatkan Ratan Tata sebagai investornya.

Hal terakhir adalah tidak seperti Mi3 yang hanya bisa didapatkan di Lazada, Mi4i bisa didapatkan di berbagai toko jual beli online, toko-toko ponsel, serta Mi Store.

Dengan Mi4i, Xiaomi kini menantang para produsen smartphone lainnya untuk ikut bersaing menciptakan smartphone yang kompetitif. Hal tersebut sudah terlihat dari harga Moto G (generasi kedua) yang turun menjadi Rp 2,3 juta. Para produsen smartphone harus memperhitungkan harga yang ditawarkan untuk satu Mi4i untuk ikut bersaing di kelas ponsel dengan harga sekitar Rp 3,2 juta.

Ikuti Kuis Giveaway Xiaomi Mi4i

Xiaomi Mi4i Spesifikasi Lengkap

Layar

Form Factor Bar
Screen Type HD Capacitive Touchscreen
Screen Size 5.0 inches
Screen Resolution 1920 x 1080
Protection Corning OGS Glass

Prosesor

Prosesor Octa Core
Kecepatan 1.7 GHz

Memori

Memori Internal 16GB, 2GB RAM

Kamera

Kamera belakang 13MP
Resolusi Video/ frame rate 1080p
Kamera depan 5MP

General Features

OS Android
Version 5.0 (Lollipop)
Bluetooth Features 4.1
Dual Sim Support Yes
Messaging SMS, MMS, Email
GPS Yes, with A-GPS, Glonass
USB Connector Yes
Varian warna Putih, Hitam, Pink, Biru, Kuning

Carrier Networks

2G GSM 850/900/1800/1900 MHz
3G WCDMA 2100 MHz
4G Yes

Data

WiFi 802.11a/b/g/n

Bodi

Dimensi 69.6 x 7.8 x 138.1 mm

Sound

Media Player Music formats: AAC, MP3, AMr, FLAC, APE, DXD, DSD, AIFF, ALAC, OGG
– Video formats: MP4, M4V, MKV, VIDX, XVID, ASF, RM, RMVB
Speakerphone Yes
Audio connector 3.5mm

Baterai

Tipe Li-Ion
Kapasitas (mAh) 3120

After Sales Service

Periode Garansi 1 Tahun